Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha di Bidang Jasa Boga pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: faktor-faktor yang mempengaruhi minat
berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo ditinjau dari faktor instrinsik, faktor ekstrinsik, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 14 hingga 16 April 2025 yang berlangsung di SMK Negeri 6 Bungo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo yang berjumlah 103 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik kolerai product moment dengan nilai >0,361, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan nilai koefisien reliabilitasnya 0,845. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo ditinjau dari faktor instrinsik pada sub variabel kebutuhan akan pendapatan mempunyai kecenderungan tinggi, dari sub variabel perasaan senang mempunyai kecenderungan rendah, dan sub variabel harga diri mempunyai kecenderungan tinggi, faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo ditinjau dari faktor ekstrinsik pada sub variabel peluang mempunyai kecenderungan sedang, dari sub variabel pendidikan mempunyai kecenderungan sedang, dan sub variabel lingkungan keluarga mempunyai kecenderungan sedang, faktor yang paling dominan mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo adalah faktor instrinsik.
Kata Kunci: Faktor-faktor, Minat Berwirausaha, Jasa Boga
Referensi
Alia Akhmad, K. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Untuk Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora,
(6), 173–181. https://www.jurnalintelektiva.com/i ndex.php/jurnal/article/view/419
Amelia, dkk. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metpen. https://penerbitzaini.com/
Firmansyah, muhammad anang. (2019). Kewirausahaan (Dasar Dan Konsep) (Issue September).
Hamzah, Kasmawati, S. D. . (2022). Buku Ajar Kewirausahaan. In BukuAjar Kewirausahaan. https://doi.org/10.21070/2017/978-602-5914-55-3
Harahap, M. I. S., & Nawawi, Z. M. (2022). Implementasi Tugas Praktik Bisnis Pada Matakuliah Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Menjadi Intrepreneur. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 1–8.
Irawan, H. D. windu. (2023). Buku Jasa Boga. 6.
Kadin. (2024). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasin. Www.Ekon.Gp.Id, 1–5.
Karimuddin, dkk (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kemenkes RI. (2011). Permenkes RI No. 1096/Menkes/Per/ VI/2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://peraturanpedia.id/peraturan
Kurniati, E. D. (2015). KewirausahaanIndustri. In Books.Google.Com.
Mathofani, S., Lestari, D. D., & Diyanah, K. C. (2022). Gambaran Higiene dan Sanitasi Jasa Boga di “K” Catering Kabupaten Banyuwangi. Media Gizi Kesmas, 11(2), 561–571. https://doi.org/10.20473/mgk.v11i2.2 022.561-571
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Rohmad, & Sarah, S. (2020).Pengembangan Instrumen Angket. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).
Saraswati, E. (2016). Jasa Boga. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945
Sari, R., Mahmudah, H., Marya, U., & Fathul, J. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa pgsd melalui mata kuliah kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 398–401. https://medium.com/@arifwicaksana a/pengertian-use-case-
a7e576e1b6bf
Statistik, B. P. (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka. 6.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Widodo, dkk (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct.
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap
Minat Berwirausaha (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Resti, 1(1),
-25
| Keywords | : | |
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-09-29
|
| Cara Mengutip | : |
Aisy, R., novalia, ratih juwita, & wicaksono, Y. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha di Bidang Jasa Boga pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 4(1), 46–57. https://doi.org/10.52060/jpvs.v4i1.3634
|
| Terbitan | : |
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


.png)

