Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha di Bidang Jasa Boga pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo

Rihhadatul Aisy ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
ratih juwita novalia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yelvia wicaksono ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: faktor-faktor yang mempengaruhi minat

berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo ditinjau dari faktor instrinsik, faktor ekstrinsik, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 14 hingga 16 April 2025 yang berlangsung di SMK Negeri 6 Bungo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo yang berjumlah 103 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik  purposive sampling dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data  menggunakan  angket  dan  dokumentasi.  Uji  validitas  menggunakan  teknik  kolerai product moment  dengan nilai >0,361, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach   dengan nilai koefisien reliabilitasnya 0,845. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo ditinjau dari faktor instrinsik pada sub variabel kebutuhan akan pendapatan mempunyai kecenderungan tinggi, dari sub variabel perasaan senang mempunyai kecenderungan rendah, dan sub variabel harga diri mempunyai kecenderungan tinggi, faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo ditinjau dari faktor ekstrinsik pada sub variabel peluang mempunyai kecenderungan  sedang, dari sub variabel  pendidikan  mempunyai  kecenderungan  sedang,  dan  sub  variabel  lingkungan keluarga  mempunyai  kecenderungan  sedang,  faktor  yang  paling  dominan  mempengaruhi minat berwirausaha di bidang Jasa Boga pada siswa Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo adalah faktor instrinsik.

 

Kata Kunci: Faktor-faktor, Minat Berwirausaha, Jasa Boga

 

Referensi

Alia Akhmad, K. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Untuk Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora,

(6), 173–181. https://www.jurnalintelektiva.com/i ndex.php/jurnal/article/view/419

Amelia, dkk. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metpen. https://penerbitzaini.com/

Firmansyah, muhammad anang. (2019). Kewirausahaan (Dasar Dan Konsep) (Issue September).

Hamzah, Kasmawati, S. D. . (2022). Buku Ajar Kewirausahaan. In BukuAjar Kewirausahaan. https://doi.org/10.21070/2017/978-602-5914-55-3

Harahap, M. I. S., & Nawawi, Z. M. (2022). Implementasi Tugas Praktik Bisnis Pada Matakuliah Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Menjadi Intrepreneur. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 1–8.

Irawan, H. D. windu. (2023). Buku Jasa Boga. 6.

Kadin. (2024). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasin. Www.Ekon.Gp.Id, 1–5.

Karimuddin, dkk (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kemenkes RI. (2011). Permenkes RI No. 1096/Menkes/Per/ VI/2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://peraturanpedia.id/peraturan

Kurniati, E. D. (2015). KewirausahaanIndustri. In Books.Google.Com.

Mathofani, S., Lestari, D. D., & Diyanah, K. C. (2022). Gambaran Higiene dan Sanitasi Jasa Boga di “K” Catering Kabupaten Banyuwangi. Media Gizi Kesmas, 11(2), 561–571. https://doi.org/10.20473/mgk.v11i2.2 022.561-571

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Rohmad, & Sarah, S. (2020).Pengembangan Instrumen Angket. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).

Saraswati, E. (2016). Jasa Boga. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945

Sari, R., Mahmudah, H., Marya, U., & Fathul, J. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa pgsd melalui mata kuliah kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 398–401. https://medium.com/@arifwicaksana a/pengertian-use-case-

a7e576e1b6bf

Statistik, B. P. (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka. 6.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Widodo, dkk (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap

Minat Berwirausaha (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Resti, 1(1),

-25


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-29
Cara Mengutip  :  
Aisy, R., novalia, ratih juwita, & wicaksono, Y. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha di Bidang Jasa Boga pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 4(1), 46–57. https://doi.org/10.52060/jpvs.v4i1.3634
Terbitan  :