STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI PROGRAM UNGGULAN MARKET DAY (MEMBUAT BUNGA DARI KRESEK) DI SDN 050/VI LUBUK MENTILIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa melalui program unggulan Market Day dengan kegiatan membuat bunga dari kresek di SDN 050/VI Lubuk Mentilin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru koordinator program Market Day, dan siswa kelas IV-VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa meliputi: (1) perencanaan program terintegrasi, (2) pembinaan keterampilan pembuatan bunga dari kresek, (3) pelaksanaan Market Day secara berkala, (4) pendampingan proses produksi hingga pemasaran, dan (5) evaluasi reflektif berkelanjutan. Program Market Day terbukti efektif dalam menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan seperti kreativitas, kemandirian, kepercayaan diri, kerjasama, tanggung jawab, dan keterampilan berkomunikasi. Selain bermanfaat secara ekonomi dan pendidikan, program ini juga berkontribusi dalam pemanfaatan limbah plastik menjadi produk bernilai. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pendidikan kewirausahaan dapat diimplementasikan secara efektif melalui program terstruktur yang mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan, keterampilan praktis, dan kepedulian lingkungan sejak pendidikan dasar
Referensi
Ciputra. (2019). Quantum Leap: Entrepreneurship mengubah masa depan bangsa dan masa depan anda. Elex Media Komputindo.
Fathurrohman, A. (2023). Model integrasi pendidikan kewirausahaan dalam kurikulum sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 112-124.
Hakim, R., & Pratiwi, S. (2022). Pentingnya refleksi dalam pembelajaran kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan, 5(1), 45-58.
Hamdani, M. (2022). Pengaruh ketersediaan sarana dan prasarana terhadap keberhasilan pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(3), 210-225.
Hendri, Z., & Murtini, W. (2023). Peran Market Day dalam mengembangkan karakter wirausaha siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 156-168.
Hidayat, T., & Suryana, D. (2024). Strategi diversifikasi produk dalam program kewirausahaan sekolah dasar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 12(1), 45-57.
Kurniawan, D., & Hermawan, R. (2023). Model kemitraan sekolah dengan UMKM dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 67-80.
Mulyani, E. (2024). Pengembangan nilai-nilai kewirausahaan melalui program Market Day di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 34-47.
Novita, R., & Wijaya, T. (2023). Peningkatan literasi keuangan siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 145-157.
Nurseto, T. (2023). Pendidikan kewirausahaan sebagai strategi pengentasan pengangguran di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 11(1), 23-35.
Permana, R., & Sulistyowati, P. (2023). Integrasi pendidikan kewirausahaan dan pendidikan lingkungan hidup di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 134-146.
Pratama, I., & Mulyadi, A. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan kewirausahaan di era Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 78-90.
Pratiwi, L., & Santoso, B. (2023). Pemanfaatan limbah plastik sebagai media pembelajaran kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 56-68.
Purwanto, A., & Saputra, N. (2023). Peran orang tua dalam mendukung pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Keluarga, 7(2), 89-102.
Rahman, A., Wibowo, S., & Nurhayati, L. (2022). Hubungan antara pendidikan kewirausahaan dengan pengembangan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 112-125.
Rahayu, S., & Susanto, H. (2024). Pengembangan kemandirian dan tanggung jawab siswa melalui program kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 34-46.
Rahmawati, F., & Hidayati, N. (2022). Program Market Day sebagai sarana pengembangan jiwa kewirausahaan siswa sekolah dasar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1), 45-57.
Sani, R., & Kurniawan, A. (2024). Pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(1), 23-35.
Sulistyowati, E., & Pratiwi, T. (2022). Penerapan experiential learning dalam pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 123-135.
Suprihatin, S. (2022). Panduan pelaksanaan program kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, 5(1), 23-35.
Suherman, A. (2022). Pendidikan kewirausahaan: Teori dan praktik. Raja Grafindo Persada.
Wardani, L. K., Suharto, T., & Rahmatika, F. (2023). Peran tim pengembang sekolah dalam mengembangkan program kewirausahaan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 78-90.
Wibowo, A. (2021). Pendidikan kewirausahaan: Konsep dan strategi implementasi. Pustaka Pelajar.
Widodo, S., & Nugroho, M. A. (2023). Pengembangan kemampuan kerjasama tim melalui pendidikan kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 145-157.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Entrepreneurship Education, Market Day, Creativity, Elementary School Pendidikan Kewirausahaan, Market Day, Kreativitas, Sekolah Dasar
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-09-29
|
| Cara Mengutip | : |
andriani, andriani, Misnawati, L., & Agrita, T. W. (2025). STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI PROGRAM UNGGULAN MARKET DAY (MEMBUAT BUNGA DARI KRESEK) DI SDN 050/VI LUBUK MENTILIN. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.52060/jpvs.v4i1.3041
|
| Terbitan | : |
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


.png)

