Manfaat Renang Terhadap Pengurangan Tingkat Stres pada Mahasiswa PJKR UMMUBA

Raja Bani Pilitan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yelvia Prahagia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Fadila Nuraini ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) UMMUBA sebagai kelompok yang memiliki latar belakang aktivitas fisik, menjadi objek penting untuk dikaji dalam konteks penanganan stres melalui olahraga, khususnya renang. Renang dianggap mampu memberikan efek relaksasi dan kenyamanan psikologis, sehingga menarik untuk diteliti lebih dalam melalui pengalaman langsung para mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi.

Hasil dari penelitian ini dengan jelas menunjukkan bahwa renang bukan hanya aktivitas fisik belaka, tetapi juga merupakan intervensi menyeluruh yang efektif dalam mengelola dan mengurangi tingkat stres di kalangan mahasiswa. Keuntungannya beragam, meliputi relaksasi fisik, peningkatan perasaan positif, penciptaan ruang pribadi, serta peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan. Temuan ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai bagaimana mahasiswa merasakan dan memanfaatkan renang sebagai strategi penting untuk menghadapi tekanan baik akademis maupun pribadi. Penelitian ini merekomendasikan renang sebagai salah satu opsi yang layak dipertimbangkan dalam program kesejahteraan mahasiswa.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alpiah, D., & Wijaya, K. (2025). Keefektifan Terapi Air (Aquatic Therapy) pada Perkembangan Motorik Anak dengan Cerebral Palsy: Literatur Review. 2(1). https://yasyahikamatzu.com/index.php/hjm/about%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Fina Khilyatu Zahwa, M. H. (2024). Strategi Efektif Mengatasi Stres Akademik Melalui Manajemen Waktu Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 2(4), 142–148. https://doi.org/10.61116/jipp.v2i4.354

Hidayah, A. N., Rahmi, U., & Salasa, S. (2025). Hubungan Pengetahuan Tentang Aktivitas Fisik dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Gaya Hidup Sedentari ( Sedentary Lifestyle ) Pendahuluan. 8(2), 646–658. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i2.30218

Murdiana, S. (2024). Hubungan Stres Akademik Dengan Kecenderungan Gangguan Makan Pada Mahasiswa. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 4724–4734.

Mutohharoh, A. (2022). Self Healing: Terapi atau Rekreasi? Journal of Sufism and Psychotherapy, 2(1), 73–88.

Rahman, A., Husnul, D., Bustang, Mutmainnah, & Rachman, D. A. (2024). Sosialisasi Olahraga Sebagai Salah Satu Solusi Anxiety Disorder. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 30–35.

Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. J I E M Journal of Islamic Education and Management, 5(1), 36–43. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/2218.

Saufi, F. M., Nurkadri, N., Sitopu, G. S., & Habeahan, G. F. (2024). Hubungan Olahraga Dan Kesehatan Mental. Cerdas Sifa Pendidikan, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.33728

Setiawati, N. A., Dabuke, B. E., & Hutagoal, R. (2024). Pelatihan Meningkatkan Mental dan Keberanian Anak Panti Asuhan Kasih Agung Sukacita Melalui Olahraga Renang. Journal Abdimas Mutiara, 5(2), 169–175. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM


Keywords  :  
Kata Kunci: Renang, Stres Mahasiswa, Penurunan Stres, Kesehatan Mental, Aktivitas Fisik Swimming; Student Stress; Stress Reduction; Mental Health; Physical Activity
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-08-04
Cara Mengutip  :  
Bani Pilitan, R., Prahagia, Y., & Nuraini, F. (2025). Manfaat Renang Terhadap Pengurangan Tingkat Stres pada Mahasiswa PJKR UMMUBA. Jurnal Muara Olahraga, 7(2), 384–394. https://doi.org/10.52060/jmo.v7i2.2996
Terbitan  :