Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Dribble Bola Basket
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan deskritif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penilaian, Penilaian kemampuan teknik dasar dribble bola basket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 61,2 pada tes awal menjadi 71,2 pada tes akhir, dengan peningkatan rata-rata sebesar 10 poin. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran jigsaw terhadap peningkatan kemampuan dribble bola basket, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Persentase peningkatan kemampuan peserta didik adalah sebesar 16,34%. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan, dengan peningkatan tertinggi mencapai 40,48 poin. Namun, ada juga beberapa peserta didik yang tidak mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran jigsaw yang melibatkan diskusi kelompok, memberi kesempatan peserta didik untuk memberikan jawaban yang benar, dan mendorong semangat kerja sama, sehingga membuat proses pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.
Referensi
Abdul Majid, 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Agus Suprijono, 2015, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmad Syarifudin. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Diakses dari laman web tanggal 15 April 2008 http://jurnal.radenfatah.ac.id /index.php /tadib / article/download/57/52/0
Ahmadi, Nuril. 2017. Permainan Bola Basket. Solo: Era Intermedia.
Aini, Z. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Al-qur’an Hadis Materi Pokok Pola Hidup Sederhana dan Perintah Menyantuni pada Dhu’afa dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI IPS-2 MA Annajah Sesela Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Mataram
Alfaris, S. 2019. Efektivitas Prestasi Belajar (Kognitif C1-C3) dari Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tipe Think Pair Share (Tps) Siswa Kelas VII Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. JUPEMASI-PBIO Vol. 1 No. 2 Tahun 2019.
Ali Maksum, 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press
Ambler, Vic. 2018. Petunjuk Untuk dan Permainan Bola Basket. Bandung: Pionir Jaya.
Ansori, M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press
Arif Widiyatmoko, 2019.“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi JIGSAW dan TGT Pada Pokok Bahasan Kalor Kelas VIII Semester 1 SMP N 24 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”, Semarang: Perpustakaan UNNES, 2019, t.d.
Bahtiar, I. 2019. Survei tingkat keterampilan dasar bermain bola basket siswa putra peserta ekstrakurikuler di SMA Se-Kecamatan Sewon Bantul. Universiyas Negeri Yogyakarta.
Bern, R.G., & Erickson, P.M. 2001. Contextual teaching and learning: preparing students for the new economy. Journal of Research no 5. http://www.cord.rg/uploadedfiles/NCCTE_Highlight05ContextualTeachingLearning.pdf.
Bambang Riyanto. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, BPFE Yogyakarta
Devita, A. (2018). Survey Tes Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bermain Bola Basket (Passing, Dribbling, dan Shooting) Pada Tim Bola Basket Putra Kelompok Umur 18 Tahun Klub Sahabat Semarang Tahun 2012. Universitas Negeri Semarang.
Depdikbud, 1999. Model Pembelajaran Kooperatif. Semarang : Depdikbud
Faruq. 2020. Defenisi & Pengertian Bola basket jumping shoot. http://www. bolabasket.com/mod.php?mod=userpage&menu=401&page _id=5,
Hadjarati. 2019 . Teknik Shooting / Menembak dalam Bola Basket dan Gambarnya. Mentri Olahraga.
Hamdayama, J. 2016. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia
Komarudin, 2016. Penilaian hasil belajar pendidikan jasmani dan olahraga. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Maolani dan Ucu Cahyana, 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurfitriyanti, Maya. 2017. Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif . 6 (2).
Oliver, Jon. 2017. Dasar-Dasar Bola Basket. Bandung: PT Intan Sejati.
Riadi.E, 2015. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang:Pustaka Mandiri.
Rochintaniawati, Diana dan Yeti Sulastri. 2019. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di Smpn 2 Cimalaka. Jurnal pengajaran MIPA. Vol 13 (1).45.
Sugiyono. 2018.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, Penerbit: Alfabeta, Bandung
Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksar
Warsono, Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif : Teori Dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Keywords | : |
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Jigsaw, Kemampuan Dribble Bola Basket, Jigsaw Learning Model; Dribbling Ability; Basketball. Model Pembelajaran Jigsaw; Kemampuan Dribble; Bola Basket.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-01-06
|
Cara Mengutip | : |
Nelce Naa, F., Anwar, S., & Istiyono. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Dribble Bola Basket. Jurnal Muara Olahraga, 7(1), 243–254. https://doi.org/10.52060/jmo.v7i1.2638
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|