Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Senam Irama Apuse

Leo Pratama ( Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong )
Hardianti Oktaviana ( Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong )
Waskito Aji Suryo Putro ( Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong )

Abstrak

Kecerdasan kinestetik merupakan keahlian menggunakan seluruh anggota tubuh untuk menyampaikan ide dan perasaan. Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Aimas kecerdasan kinestetik anak belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Aimas melalui Senam Irama Apuse. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, setelah melakukan Senam Irama Apuse pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Aimas, kecerdasan kinestetik anak mulai berkembang, hal tersebut dilihat dari sebelum melakukan senam irama apuse anak masih belum mampu merentangkan tangan dengan baik dan anak masih kebingungan saat melakukan gerakan tepuk tangan ke kanan dan ke kiri, namun setelah 12 kali melakukan senam irama apuse, anak mampu merentangkan tangan dengan benar, dan saat melakukan gerakan tepuk tangan ke kanan dan kiri anak sudah bisa mengikuti sesuai intruksi dengan benar. Hasil penelitian tentang mengembangkan kecerdasan kinestetik  melalui senam irama apuse pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Aimas dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan senam irama apuse dapat meningkatkan perkembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Aimas.

Referensi

Pendidikan, M., Anak, I., Dini, U., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (n.d.). ANALISIS SENAM SEHAT GEMBIRA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI SKRIPSI Diajukan Oleh NURMELIA NIM. 160210113.

Safira, H., Kumala, E., Rahmania, N. U., Purnama, S., Piaud, P., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2022). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK Pendidikan, M., Anak, I., Dini, U., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (n.d.). ANALISIS SENAM SEHAT GEMBIRA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI SKRIPSI Diajukan Oleh NURMELIA NIM. 160210113.

Safira, H., Kumala, E., Rahmania, N. U., Purnama, S., Piaud, P., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2022). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA DI TK ISLAM AL MADINA SAMPANGAN SEMARANG.

Baswori dan Suwandi (2008). Memahami

Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta 2008, hlm 99.

Hartin Kurniawati, Ika Rahayu Satyaninrum, Siska Putri Sayekti, Putri Rahmizar (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Melalui Outbound Pada Siswa Al-Ghifary. Jurnal Pendidikan Guru Indonesia. Volume 1, No. 2, Desember 2022.

Husnuzziadatul Khairi (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna. Volume 2, No. 2, Desember 2018.

Lidia Nusir, Rita Malini (2020). Kajian Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Keislaman. Volume 10 No. 2, Juli-Desember 2020.

Lismadiana (2017). Jurnal Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini, FIK UNY: Yogyakarta.

Nana Widhianawati (2021). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini (Studi Eksperimen Kuasi Pada Anak Kelompok Bermain Mandiri SKB Sumedang). Jurnal Penelitian Pendidikan. Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011).

Nanda Renza Farah Hasibuan, Taty Fauzi, Rahmah Novianti (2020). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B TK Mustabaqul Khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 9 (2), 2020, 118-123.

Novalia Warwey (2023). Upaya 2, Agustus 2011).

Nanda Renza Farah Hasibuan, Taty Fauzi, Rahmah Novianti (2020). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B TK Mustabaqul Khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 9 (2), 2020, 118-123.

Novalia Warwey (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Tarian Tradisional Aster pada Anak

Kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 09 Desember 2023.

Resa Resapati, Lutfi Nur, & Taufik Rahman (2018). Gerak Dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 12 Edisi 2 November 2018.

Restu Yuningsih, Citra Akmariani, Wahidah Fitriani (2019). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak TK Kurnia Illahi Kabupaten Tanah Datar. PPJ PAUD Indonesia. Volume 6, No 1, 2019.

Rima Yunita Dewanto (2020). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Senam Irama Pada Anak Tunarungu Kelas II SDLB-B YRTRW Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Luar Biasa – X5117016 - 2020.

Suharsimi Arikunto (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta 2022, hlm 158.

Ulber Silalahi (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama 2012, hlm 312.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-01-02
Cara Mengutip  :  
Pratama, L., Oktaviana, H., & Aji Suryo Putro, W. (2025). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Senam Irama Apuse. Jurnal Muara Olahraga, 7(1), 143–155. https://doi.org/10.52060/jmo.v7i1.2499 (Original work published 31 Desember 2024)
Terbitan  :