Analysis of the Spirit of Class V Students of SDN 030613 Medan during Warm-Up Before Sports

Tita Diah Alia Putri ( a:1:{s:5:"en_US";s:39:"Universitas Islam Negeri Sumatera Utara";} )
Rahmi Fadiah Nasution ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )
Chailla Sabrina ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )
Assyfa Ramadhina ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )
Suyono ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )

Abstract

Semangat siswa dalam mengikuti pemanasan sebelum berolahraga berperan penting dalam efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi semangat siswa kelas V SDN 030613 Medan saat pemanasan sebelum berolahraga. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi langsung terhadap aktivitas pemanasan siswa serta wawancara mendalam dengan guru olahraga. Data dikumpulkan untuk memahami peran lingkungan belajar, strategi pengajaran, dan interaksi sosial dalam membentuk motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semangat siswa dipengaruhi oleh pendekatan guru dalam memimpin pemanasan, suasana kelas yang dibangun sebelum kegiatan fisik, serta pemahaman siswa terhadap manfaat pemanasan. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi guru olahraga untuk mengembangkan metode pemanasan yang lebih interaktif dan menyenangkan guna meningkatkan partisipasi dan kesiapan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

References

Asifa, A. S., & Sisno. (2020). Menumbuhkan Semangat Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Cermin: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 1.

Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. CA: Sage.

Haff, G. G., & Nimphius, S. (2012). Training Principles for Power. Strength & Conditioning Journal, 34(6), 2–12. https://doi.org/10.1519/SSC.0b013e31826db467

Kiswantoko, D., & Wijaya, M. (2018). Perbandingan Pemanasan Bermain Dan Pemanasan Classic (Statis Dan Dinamis) Terhadap Minat Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 3 [Broadcast]. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani.

Maulana, M. I. (2018). Minat Peserta Didik Kelas V Dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok Dengan Pemanasan Yang Dimodifikasi Di Sd Negeri Gadingan Wates Tahun 2018.

Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(2), 105. https://doi.org/10.22146/jkap.7608

Nurmayanti, & Iswatiningsih, D. (2025). Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 563–571.

Rahmadani, S., Marpaung, S. I., Silalahi, R. D. P., Putri, N. A., & Siregar, F. S. (2024). Pentingnya Aktivitas Pemanasan (Warming Up) dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Olahraga di Sekolah Dasar. Student Research Journal.

Rezki, R., Jatra, R., Sari, M., Haqqi, M., & Muafa, F. F. (2022). Pentingnya Aktifitas Pemanasan Dan Pendinginan Dalam Berolahraga Pada Guru Olahraga Dayaun. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 87. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7084

Rosdiani, D. (2014). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.

Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797

Solihin, M. (2019). Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Tingkat Kesiapan Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Sovensi, E. (2018). Pelaksanaan Modifikasi Permainan Kecil dalam Pembelajaran Penjasorkes. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 96–107. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.159

Undang-undang No. 20 tahun 2003. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan Yang Melek Jasmaniah/Ter-Literasi Jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.33558/motion.v9i1.1432

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Yudanto. (2011). Model Pemanasan Dalam Bentuk Bermain Pada Pembelajaran Sepak bola Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8.

Zuriaturizky, F., & Ghasya, D. A. V. (2024). Tingkat Motivasi Mahasiswa dalam Melakukan Aktivitas Olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 37–46. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3411


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2025-07-26
How to Cite  :  
Tita Diah Alia Putri, Rahmi Fadiah Nasution, Chailla Sabrina, Assyfa Ramadhina, & Suyono. (2025). Analysis of the Spirit of Class V Students of SDN 030613 Medan during Warm-Up Before Sports. JURNAL MUARA OLAHRAGA, 7(2), 344–353. https://doi.org/10.52060/jmo.v7i2.3023
Issue  :