PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS KELAS V SDN 94/II MUARO BUNGO

Najla Amran ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Unniversitas Muhammadyah Muara Bungo";} )
Nurlev Avana ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Apdoludin ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 94/II Muara Bungo berjumlah 29 orang, dengan latar belakang rendahnya hasil belajar pada materi KPK dan FPB. Nilai rata-rata ulangan harian siswa hanya 60, di bawah KKM 70. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan model Course Review Horay dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi siswa, serta hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model Course Review Horay berkategori sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 48,27 pada siklus I menjadi 62,55 pada siklus II, dengan ketuntasan di atas KKM. Selain itu, motivasi belajar siswa mencapai rata-rata 94% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, penerapan model Course Review Horay terbukti efektif meningkatkan keaktifan, serta hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB.

Referensi

Agustin, N. A., Kanom, & Darmawan, R. N. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Apdoludin, A., Guswita, R., & Orlanda, B. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Media Roda Berputar Di Kelas Iv Sdn 60/Ii Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.718

Apdoludin, M. H. (2019). Menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar pendidikan di stkip muhammadiyah muara bungo. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 635–637. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.357

Arimbawa, R. K., Renda, N. T., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Question Card Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2877

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i1.103

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Fish, B. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan. 2507(February), 1–9.

Hartika, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 38–47. https://doi.org/10.47080/progress.v4i1.1117

Hasil, M., & Siswa, B. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554

Hidayat, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Sebagai Manifestasi Tujuan Pembelajaran Matematika Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, hlm. 700.

Hudah, N. (2020). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 24 Indralaya. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42–51. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.788

Isjoni. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-03
Cara Mengutip  :  
Amran, N., Nurlev Avana, & Apdoludin. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS KELAS V SDN 94/II MUARO BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 25–36. Diambil dari https://www.ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3578
Terbitan  :