PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK GURU IPA DI SMP NEGERI 1 BAKTIRAJA

Ince Imelda Simamora ( a:1:{s:5:"en_US";s:31:"Universitas Katolik Parahyangan";} )
Nancy Susianna ( Universitas Katolik Parahyangan )
Nerru Pranuta Murnaka ( Universitas Katolik Parahyangan )
Alvin Stanza Kiswandhi ( Universitas Katolik Parahyangan )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPA dalam mengembangkan modul ajar berbasis keterampilan berpikir kritis di SMP Negeri 1 Baktiraja. Dalam penelitian ini membandingkan efektivitas pelatihan guru yang dilakukan secara online dan offline. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan melibatkan dua kelompok guru yang mengikuti pelatihan dalam format berbeda. Kelompok pertama mengikuti pelatihan secara daring melalui platform pembelajaran digital, sedangkan kelompok kedua mengikuti pelatihan luring dengan metode tatap muka.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua sekolah SMP Negeri di bawah UPTD Kabupaten Humbang Hasundutan. Sampel dalam penelitian ini adalah UPT SMP Negeri 019 Sibuntuon dan UPT SMP Negeri 001 Pasar Doloksanggul. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Proses penelitian dilaksanakan selama 6 hari. Intrumen yang digunakan dalam peneitian ini adalah Tes. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar berbasis keterampilan berpikir kritis. Selain itu, observasi dan wawancara dilakukan untuk mengeksplorasi pengalaman peserta selama pelatihan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode pelatihan memberikan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru, tetapi terdapat perbedaan dalam aspek tertentu. Kemampuan guru dalam mengembangkan modul ajar berbasis keterampilan berpikir kritis melalui pelatihan offline jauh lebih efektif dibandingkan pelatihan daring (online). Hal ini dikarenakan dalam pelatihan offline terbangun interaksi langsung, diskusi mendalam, dan praktik langsung dalam menyusun modul ajar. Dalam pelatihan online, meskipun terdapat peningkatan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar berbasis keterampilan berpikir kritis, efektivitasnya tidak setinggi pelatihan offline. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan interaksi langsung, kurangnya diskusi mendalam, serta tantangan dalam memberikan praktik yang lebih terstruktur. Meskipun demikian, pelatihan daring tetap memberikan fleksibilitas waktu dan aksesibilitas yang lebih luas bagi peserta, sehingga memungkinkan lebih banyak guru untuk berpartisipasi tanpa keterbatasan geografis.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Arifin, S., Murnaka, N.P., Yuliawati, E.I., Pesulima, M.V.F., Ohyver, M., 2022. Higher Order Thinking Skills Competencies of Junior High School Teachers in Bogor Regency. AIP Conference Proceedings 2479, 020017 2479. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0099570

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.

Damayanti, P., Hindriana, A.F., ..., 2022. Penerapan model pembelajaran SM2CL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.4821

Depdiknas, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah , Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs.

Depdiknas. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah , Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs.

Desmauli Lumbanbatu, Nancy Susianna, Alvin Stanza Kiswandhi, Nerru Pranuta Murnaka, 2025. Analisis Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4, 21–32. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v4i1.4381

Ennis, R., 2011. Critical thinking: Reflection and Perspective Part I. Inquiry: Critical thinking across the Disciplines 26, 5–19. https://doi.org/10.5840/inquiryctnews201126215

Ennis, R.H., 2021. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispotition and Abilition. Appleton-Century-Crofts., New York.

Facione, P.A., 2011. Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1, 1–23.

I Wayan Adnyana, I B. Putu Arnyana, Ida Bagus Jelantik Swasta, 2017. Pengembangan modul pembelajaran IPA (aspek biologi) dengan setting problem based learning bermedia audio-visual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 7, 1–10.

Jumadi, J., Sunarno, W., Aminah, N.S., 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Kalor. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 7, 262. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22986

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 56 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta, Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 56 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Murnaka, N.P., Almaisurie, Q., Arifin, S., 2019. Method on guided inquiry learning to improve students’ critical thinking abilities in facing the industrial revolution 4.0. International Journal of Scientific and Technology Research 8.

Nerru, P. M., Mariani, S., & Cahyono, E. (2013). Pembelajaran metode reciprocal teaching berbantuan CABRI untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa kelas X. UNNES Journal of Mathematics Education Research, 2(1).

Nerru, P.M., Mariani, S., Cahyono, E., 2013. Pembelajaran metode reciprocal teaching berbantuan CABRI untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa kelas X. UNNES Journal of Mathematics Education Research 2.

Novita, T. E., As’ari, A. R., & Muksar, M. . (2016). Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Universitas Negeri Malang.

Novita, T.E., As’ari, A.R., Muksar, M.., 2016. Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur.

Nubatonic, A. B. M., Sulistiawati, Muktyas, I. B., Murnaka, N. P., & Arifin, S. (2023). Description of gasing mathematics learning online on improving students’ cognitive learning outcomes. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0154658

Nubatonic, A.B.M., Sulistiawati, Muktyas, I.B., Murnaka, N.P., Arifin, S., 2023. Description of gasing mathematics learning online on improving students’ cognitive learning outcomes, in: AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0154658

Pedraja-Rejas, L., Maulén, C., Rivas, C., 2025. Critical Thinking in Initial Teacher Training: An Empirical Study from Chile. Behavioral Sciences 15, 603. https://doi.org/10.3390/bs15050603

Salsabila, A., Dwi, P., Putra, A., Ridlo, R., 2024. IPA Pengembangan Modul Ajar Interaktif Berbantuan Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA SMP Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6. https://doi.org/10.29100/.v6i3.5085

Sugiyono, Dr. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung, Indonesia. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, Dr., 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung, Indonesia. Penerbit Alfabeta.

Suwarno, Murnaka, N.P., 2021. Implementation of Mathematica-Assisted Learning to Improve Understanding and Problem-Solving Skills for Prospective Teachers. Solid State Technology 64, 1143–1150.

Suwarno, N., & Pranuta, M. (2019). Education 4.0: Technology Integration In Calculus Course. International Journal Of Scientific and Technology Research, 8, 1735–1738. https://www.ijstr.org/final-print/aug2019/Education-40-Technology-Integration-In-Calculus-Course.pdf

Suwarno, N., Pranuta, M., 2019. Education 4.0: Technology Integration In Calculus Course. International Journal Of Scientific and Technology Research 8, 1735–1738.

Tarigan, S., Murnaka, N.P., Arifin, S., 2021. Development of teaching material in mathematics “Sapta Maino Education” on topics of plane geometry, in: AIP Conference Proceedings. American Institute of Physics Inc. https://doi.org/10.1063/5.0041650

Trilling, B., Fadel, H., 2009. 21st Century Skills Learning for Life-in Our times. John Wiley & Sons, New York City, United States of America.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wayeni, B., Sulistiawati, Muktyas, I. B., Murnaka, N. P., & Arifin, S. (2024). Description of online math educational application in improving ability understanding of students’ math concepts. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0183278

Wayeni, B., Sulistiawati, Muktyas, I.B., Murnaka, N.P., Arifin, S., 2024. Description of online math educational application in improving ability understanding of students’ math concepts, in: AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0183278


Keywords  :  
Kata Kunci: conceptual understanding ability, critical thinking skills, simple plane material, correlational descriptive kemampuan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, materi pesawat sederhana, deskriptif korelasional
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-12
Cara Mengutip  :  
Imelda Simamora, I., Nancy Susianna, Nerru Pranuta Murnaka, & Alvin Stanza Kiswandhi. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK GURU IPA DI SMP NEGERI 1 BAKTIRAJA. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 214–224. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3426
Terbitan  :