ANALISIS PEMANFAATAN PERANGKAT CROMEBOOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 03 TIUMANG
Abstrak
Penelitian ini menganalisis pemanfaatan perangkat Chromebook dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelas V SD Negeri 03 Tiumang. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya adaptasi dunia pendidikan terhadap era revolusi 4.0, khususnya dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Chromebook, sebagai perangkat berbasis web yang dikembangkan oleh Google, dinilai memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran digital, baik secara daring maupun luring dengan basis data cloud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas V, dan peserta didik kelas V, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 03 Tiumang, dengan pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sesuai dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perangkat Chromebook di SD Negeri 03 Tiumang telah memberikan dampak positif yang signifikan. Penggunaan Chromebook dilakukan hampir setiap hari dalam seminggu untuk berbagai mata pelajaran, tidak hanya terbatas pada mata pelajaran tertentu. Peserta didik merasa lebih nyaman, mudah memahami materi pelajaran, dan termotivasi untuk belajar karena kebebasan dalam memilih gaya belajar dan akses ke berbagai aplikasi interaktif seperti Canva, Google Classroom, Google Docs, Google Slides, dan Gemini. Interaksi antara guru dan peserta didik, serta antar sesama peserta didik, juga meningkat. Pemanfaatan ini sejalan dengan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang menekankan manfaat dan kemudahan penggunaan teknologi. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, terutama terkait jaringan internet yang belum sepenuhnya mendukung penggunaan Chromebook secara bersamaan, serta kebutuhan akan pelatihan berkelanjutan bagi semua guru untuk mendapatkan sertifikasi Google Certified Educator. Keberhasilan pemanfaatan Chromebook ini juga menjadikan SD Negeri 03 Tiumang terpilih sebagai Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG) di Kabupaten Dharmasraya, menunjukkan peningkatan kualitas sekolah di daerah pedesaan.
Referensi
Anggrayni, M., Indonesia, U. D., & Belajar, M. (2024). Game Interaktif Wordwall Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan, 9(1), 95–101. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1415
Antoni, S. (2024). Lima Sekolah Di Dharmasraya Jadi Kandidat Sekolah Rujukan Google. Retrieved From Https://Sumbar.Antaranews.Com/Berita/648114/Lima-Sekolah-Di-Dharmasraya-Jadi-Kandidat-Sekolah-Rujukan-Google
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Halfi, M., Syahputra, I., Iswahyudi, M. S., Ali, G., Santosa, T. A., Syahputra, H. I., Estuhono., Ali, G. (2023). Effect Size Mobile Learning On Student ’ S 21 St Century Skills, 7(2), 2254–2262. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6613
Estuhono. (2020). Efektifitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Model Problem Based Instruction Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5, 202–209. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.202-209
Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap, 9(April), 1–15. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2028
Miftah, Z., & Fahrurrozi, F. (2022). Digitalisasi Dan Disparitas Pendidikan Di Sekolah Dasar. Ibtida, 3(02), 149–163. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i02.361
Qosim, Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook Sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i1.87
Puspitasari, A. P., & Madiun, U. P. (2024). Pemanfaatan Media Chromebook Dalam Pembelajaran, 5.
Smith, J. (2020). Small And Medium Enterprises (Smes) And Social Media. Journal Of Small Business And Enterprise Development, 567–580.
Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(2), 113–120. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1578
Windriyanto, S. (2023). Pemanfaatan Chromebook Di Sdn Karangrejek Ii. Retrieved From Https://Www.Kompasiana.Com/G6100fr/65484746ee794a692370a4c2/Pemanfaatan-Chromebook-Di-Sekolah
Yusuf, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Ipas Berbasis Chromebook Di Sdn 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.55
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Chromebook, Pembelajaran Digital, Peserta Didik, SD Negeri 03 Tiumang,Technology Acceptance Model Chromebook, Pembelajaran Digital, Peserta Didik, SD Negeri 03 Tiumang,Technology Acceptance Model.
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-10-09
|
| Cara Mengutip | : |
Suraya, A., Wiwik Okta Susilawati, & Nanik Setiawati. (2025). ANALISIS PEMANFAATAN PERANGKAT CROMEBOOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 03 TIUMANG . Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 92–102. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3405
|
| Terbitan | : |
Bagian
Articles
|



311.png)


_SCCC1.png)
.png)
