PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 NAIONI
Abstrak
Pembelajaran Matematika di sekolah dasar sering kali dianggap sulit dan kurang menarik oleh siswa, terutama dalam memahami konsep dasar seperti bangun datar. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar karena kurangnya motivasi dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Gimkit terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi "Mengenal Bangun Datar" di SD Naioni. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah satu kelas yang diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media Gimkit. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media Gimkit. Hal ini membuktikan bahwa Gimkit dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa memahami materi bangun datar secara lebih menyenangkan dan bermakna.
Referensi
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa. Jakarta: Media Edukasi.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Firmansyah, R., & Suryani, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Gimkit terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.12345/jipd.v8i1.123
Handayani, D. (2022). Penerapan Gimkit dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.30041
Nugroho, A. R., & Widodo, A. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Interaktif pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 112–120.
Pratiwi, R., Susanto, H., & Lestari, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 67–76.
Rahayu, D., & Handayani, S. (2022). Efektivitas Media Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 89–97.
Sari, M. P., & Susanto, H. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Media Gimkit. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 5(1), 33–40.
Sutrisno, D., & Rahayu, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Kuis Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 134–142.
Stuti , R. D., & Wulandari, T. (2020). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 45–52.
Yunita, D., & Rofiq, A. (2021). Penggunaan Gimkit untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 3(1), 77–85
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Gimkit, Bangun Datar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Sekolah Dasar Gimkit, Bangun Datar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-10-05
|
| Cara Mengutip | : |
Elisabet Ega, Yulsy M. Nitte, Rosindra Yakoba Nabut, & Jeremie Robo Djawa. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 NAIONI. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 63–67. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3387
|
| Terbitan | : |
Bagian
Articles
|



311.png)


_SCCC1.png)
.png)
