PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW (SQ3R) DI KELAS III SDN 144/VI BANGKO IX
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca peserta didik. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca menggunakan model (Survey, Question, Recite, Read, Review) SQ3R di Kelas III SDN 144/VI Bangko dan untuk mengukur ketercapaian apakah peningkatan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan model Survey, Question, Recite, Read, Reviiew (SQ3R) di Kelas III SDN 144/VI Bangko. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) adapun subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang. Sedangkan objek penelitian adalah melalui model SQ3R (survey, question, read, recite, review). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model SQ3R berhasil mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Guru menerapkan model SQ3R dengan membimbing peserta didik mengamati gambar dan memprediksi isi cerita (survey), merumuskan pertanyaan (question), membaca teks dalam kelompok (read), menceritakan kembali isi cerita (recite), serta meninjau kembali isi bacaan melalui diskusi kelas (review).peningkatan ini dapat dilihat dari hasil lembar observasi peserta didik yang dimana pada Siklus I, pertemuan I mencapai 53,26 dan pertemuan II 64,56, dengan rata-rata 58,91. Pada Siklus II, pertemuan I meningkat menjadi 77,60 dan pertemuan II menjadi 88,69, dengan rata-rata 83,15 yang tergolong baik. Dapat disimpulkan bahwa penelitian model SQ3R dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa indonesia.
Kata Kunci : Peningkatan, Keterampilan Membaca, Model Survey, Question, Read, Recite, Dan Review (SQ3R)
Referensi
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN Gawan 01 Tanon. 2(3), 1030–1037. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.4945
Febrianti, W., Mirnawati, L. B., & Faradita, M. N. (2023). Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Mengikuti Program Literasi Reading Comprehension Skills Of IV Grade Elementary School Students In Participating In The Literacy Program. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.4945
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). “Penggunaan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiadi Kelas IV MIM Banjarsari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. 3(2), 91–102.
Khaerini Haru, & Sunardin, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 92–102. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.244
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.
Syafei, M., Tambunan, A., Qodratulloh, W., Zam’an;, P., Kosasih, A., Mubarok, ; E S, Mokh, ;, Firmansyah, I., Cucu, ;, Lukman, S. ;, Wawan, H. ;, Agus, H. ;, Satrio, F. ;, Nurhayati, S. ;, Heri, R., Sahroni, S. ;, Nurudin, A., Muhammad, N., Trisolvena, W., … Muhammad, K. (2024). Inovasi Pendidikan Dalam Porspektif (Issue February).
| Keywords | : | |
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-10-09
|
| Cara Mengutip | : |
Husni Maulana, R., & Aryastuti Hasanah, I. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW (SQ3R) DI KELAS III SDN 144/VI BANGKO IX. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 68–79. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3380
|
| Terbitan | : |
Bagian
Articles
|



311.png)


_SCCC1.png)
.png)
