STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Khairani ( a:1:{s:5:"en_US";s:30:"Universitas Dharmas Indonesia ";} )
Wiwik Okta Susilawati ( Universitas Dharmas Indonesia )
Dian Estu Prasetyo ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena adanya keunggulan di SD IT Andalas Cendekia, terutama pada nilai keagamaan dan prestasi umum lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia di SD IT. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian terdapat empat jenis strategi kepala sekolah dan keberhasilan dalam mengimplementasikannya di SD IT: 1) kegiatan pembelajaran (peserta didik bisa saling mengingatkan hal kebaikan). 2) pengembangan budaya sekolah / kegiatan keseharian sekolah, ditemukan bahwa peserta didik sudah mengikuti peraturan sekolah seperti, sholat dhuha, mudah untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf, bagi dijenjang kelas tinggi sudah disiplin menjaga aurat, batasan pergaulan, dan membentuk kepribadian yang bertakwa kepada Tuhan YME. 3) ekstrakurikuler (pengembangan diri), dilihat adanya peserta didik meraih prestasi dari berbagai lomba, mampu mengembangkan bakat sesuai minat dan memiliki rasa percaya dittri lebih tinggi. 4) kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat, terdapat peserta didik mampu mempraktekkan langsung adab yang baik dikehidupan nyata, mampu mengenal waktu sholat dan dilaksanakan tepat waktu, dan lebih terbuka dalam berinteraksi.

Referensi

Aini, Fauziah, and Zaka Hadikusuma Ramadhan. 2024. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 8(2): 331–39. https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23220

Azhar, Dzul, and Joko Subando. 2025. “Membentuk Karakter Disiplin Anak Didik Melalui Keteladanan Guru.” 14(1): 347–56.

Herman, Muhamad, Bahaking Rama, Muhammad Ali Bakri, and Rusli Malli. 2022. “Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik.” Hikmah 19(2): 271–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v19i2.370.

Kadri, Hanif Al, and And Widiawati. IRJE |Indonesian Research Journal in Education| |Vol Strategic Planning in Developing the Quality of Educators and Education Personnel. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/irje/index.

Lusyanti, Dika, Wiwik Okta Susilawati, and Gingga Prananda. 2020. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SDN 058/II Sari Mulya.” Jurnal Dharma PGSD 1: 9–17. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/index.

Novita, Rani, Sri Wardani, Nuni Widiarti, Decky Avrilianda, and Bambang Subali. 2024. “Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Peserta Didik Kelas I Di Sekolah Dasar.” 13(4): 5725–38.

Sanggradewi, Niken, Tsalis Fakhatun Nisak, and Dhika Mawarni Prasetia. 2024. “Peran Guru Terhadap Peningkatan Karakter Religius Dan Disiplin Siswa Di Mi Ma ’ Arif Tingkir Lor.” 5(2): 99–109.

Sari, Rahmawati Kumala, Syailin Nichla, Choirin Attalina, Erna Zumrotun, Pgsd Ftik, Universitas Islam, and Nahdlatul Ulama. 2024. “Pembiasaan Pagi Di Sd Al-Islam: Membangun Generasi Berkarakter.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09: 4236.

Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.

Suleman, Vera Febriyanti, Nurhayati Tine, and Pupung Puspa Ardini. 2024. “Kolaborasi Pola Asuh Orang Tua Dan Guru Dalam Mendidik Anak Dengan Metode Agama.” 15: 28–56. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v15i2.3362

Sumaryani, Lastri. 2024. “IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK DI SD INPRES 21 SOWI, MANOKWARI, PAPUA BARAT.” https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal.

Susilawati, Wiwik Okta. 2024. “Pengembangan Elektronik Modul ( E-Modul ) Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Berbantu Canva Di SDN 14 Koto Baru.” 4: 18578–95.

Susilawati, Wiwik Okta, Rendi Marlianda, and Denia Putri Rizkia. 2024. “Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( e-LK ) Berbantu Liveworksheets Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di Sekolah Dasar.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(3): 14686–99. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12167

Susilawati, Wiwik Okta, Hendro Widodo, and Sumarno Sumarno. 2019. “Strategy of Teachers in Suporting Environmentally Sustainable Development.” Journal of Education and Learning (EduLearn) 13(2): 247–54. doi:10.11591/edulearn.v13i2.12167.

Ulfa, Rika, Wiwik Okta Susilawati, and Yulia Darniyanti. 2021. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya.” Innovative: Journal Of Social Science Research 1(2): 125–31 .


Keywords  :  
Kata Kunci: kunci: Strategi, kepala sekolah, pelajar Pancasila. Keywords : Strategy, principal, Pancasila students.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-13
Cara Mengutip  :  
Khairani, Wiwik Okta Susilawati, & Dian Estu Prasetyo. (2025). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU . Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 240–250. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.3162
Terbitan  :