PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG
Abstrak
Game online sedang marak dinikmati oleh remaja masa kini. Game online dapat berdampak positif maupun negatif kepada remaja. Kecanduan terhadap game online dapat mempengaruhi kehidupan remaja di sekolah, salah satunya yaitu minat belajar siswa. Minat belajar siswa mengacu pada dorongan dalam diri siswa untuk memusatkan perhatian dan energi dalam kegiatan belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh game online terhadap minat belajar siswa kelas X SMA N 2 Semarang. Penelitian menggunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA 2 Semarang dan sampelnya yaitu 40 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan teknik pengambilan data metode survey, serta teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa game online dapat mempengaruhi minat belajar siswa kelas X SMA N 2 Semarang secara signifikan dan positif (r = 0,636) sebesar 40,5%.
Referensi
Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121
Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1), 1-10. DOI 10.32767/jutim.v1i1.22
Asmiati, N., & Fatmawati. (2020). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Mengklasifikasi Pengaruh Negatif Game Online Bagi Remaja Milenial. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(3), 141–149. https://doi.org/10.35746/jtim.v2i3.102
Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12–24. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188
Hidayat, A. (2018). Pengertian simple random sampling, jenis dan contoh. Statistikian.
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304
Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Manik, M. (2021). Kesiapan Penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Masa New Normal Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPN 2 Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai). Jurnal Eduscience, 8(1), 20–29. https://doi.org/10.36987/jes.v8i1.2115
Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis dampak negatif kecanduan game online terhadap minat belajar siswa di kelas tinggi sd ujong tanjong. Genta Mulia, XI(1), 22–32.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Santoso, A. B., & Oktafien, S. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 52. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1755
Siagian, E. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Minat Belajar Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 7593–7599. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3090
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2022), Bandung: Alfabeta
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/20/22
Keywords | : |
Kata Kunci:
game online, minat belajar siswa, siswa SMA Online game, student interest in learning, high school students
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-27
|
Cara Mengutip | : |
Silvia Rohmatila Putri, & Eny Winaryati. (2025). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 446–452. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2809
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|