PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF “PAPA MENDALANG” PADA PERKEMBANGAN AUD DI TK PANDU ILMI PERSADA

Estuhono Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )
Agus Saputra ( Universitas Darmas Indonesia )
Tesya Novita ( Universitas Darmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pengembangan media pembelajaran yang menimbulkan perasaan senang pada siswa dalam proses pembelajaran, kemudian dapat menstimulus perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar anak setelah menggunakan media pembelajaran inovatif “Papa Mendalang”.

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap prototipe (prototyping phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, dilakukan penilaian menggunakan lembar validasi, praktikalitas dan efektivitas.

Hasil kelayakan media pembelajaran inovatif “Papa Mendalang” pada perkembangan anak usia dini yang dilakukan oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 87,85% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian keterlaksanaan media pembelajaran inovatif “Papa Mendalang” pada perkembangan anak usia dini yang dinilai oleh guru kelas mempunyai skor 94,44% dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran inovatif “Papa Mendalang” pada perkembangan anak usia dini didapatkan presentase 92% dengan kategori efektif (sudah muncul).

Referensi

Estuhono., M. Anggrayni., S. (2024). Game Interaktif Wordwall Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa SD. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2024), 9(1), 95–101. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1415

Estuhono, E. (2022). Research-Based Learning Models in Physics for 21st Century Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1803–1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268

Ilhamsyah, D., M. Angrayni, & Estuhono. 2023. Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV SDN 14 Koto Baru. Jurnal Of Social Science Research, 3 (5), 9807-9816.

Jaya, M. P. S., Wahyuni, G., & Ahmad, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Monopoli terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di RA Shazia Palembang. Linggau Jurnal of Elementary School Education, 3(1), 1–11.

Mamun, M. A. A., & Hasanuzzaman, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas III di SD 38 Mataram Tahun Pelajaran 20019/2020. Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management, 116180104, 1–14.

Mulyani, A., Susana, E., Gozali, A. A., & Watini, S. (2023). Peningkatan Aspek Kognitif Anak Usia Dini melalui Implementasi Model ASYIK dalam Mempelajari Lingkungan Alam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4416–4422. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2126

Novitasari, A., Saputra, A., & Istiqomah, I. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Angka Pada Kemampuan Kognitif Anak Di TK Negeri Sumay. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 243–247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17438

Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000

Sahrandi, & Bahri, S. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosia, 10(1), 100–108. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6712

Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Prosiding SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 60–67.


Keywords  :  
Kata Kunci: Development, Media, Plomp Pengembangan, Media, Plomp
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-01
Cara Mengutip  :  
Estuhono, E., Saputra, A., & Novita, T. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF “PAPA MENDALANG” PADA PERKEMBANGAN AUD DI TK PANDU ILMI PERSADA. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 121–127. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.2276
Terbitan  :