PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur, validitas produk, dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif berbasis Canva pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilangsungkan di SDN 56/I Desa Aro, Kabupaten Baranghari, Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dimana terdapat lima tahapan utama, diantaranya analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, validasi media, dan validasi bahasa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kepraktisan dan kevalidan penggunaan multimedia interaktif berbasis Canva pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasar. Multimedia interaktif berbasis Canva yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., Rohman, M. M., Arta, D. N. C., Bani, M. D., Haslinah, A., Wijoyo, E. B. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Padang: Get Press Indonesia.
Chan F., Budiono. H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar pada Materi Tumbuhan dan Bagian-bagiannya di Sekolah Dasar. EISE (Elementary School Education Journal), 03(01), 9-17. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330
Fajri, Z., Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, Andila, A. (2021). Pemanfaatan Media belajar Visual Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397-408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
Juniarti, I. G. A. O., Putra, M. (2021) Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Media belajar Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140-148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091
Kurnia, I. R., Sunaryati, T. (2023). Media belajar Berbasis Aplikasi Canva untuk Membangkitkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Education, 9(3), 1357-1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Lake, A. C. O. R., Lipikuni, H. F., Jenahut, K. S. (2023). Pengembangan Media belajar Flipbook Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.872
Mujiyanto, Singamurti, M. M., Suharno. (2022). Faktor Determinan Peran Guru dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Basicedu, 6(2), 2061-2070. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2383
Munir, M., Afifah, N., Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia belajar Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48-65.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N. (2021). Peranan Media belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.
Pratama, N. K. P., Adi, E. P., Ulfa, S. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119-128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119
Rahma, F. I. (2019). Media belajar (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87-99.
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar pada Siswa. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.31219/osf.io/acxe2
Saragi, R., Tegeh, I. M. (2022). Media belajar Berbasis Problem Based Learning Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98-107.
Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media belajar Interaktif Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalab. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Canva Development, Interactive Multimedia, Canva
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Oktavia, T., Hariandi, A., & Sholeh, M. . (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1857
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|