Analysis of Students' Perspectives of the Kurikulum Merdeka Implementation at SMP Swasta Kristen Tomosa 1

Ayu Kartika Zai ( a:1:{s:5:"en_US";s:16:"Universitas Nias";} )
Kristof Martin Efori Telaumbanua ( Universitas Nias )
Yaredi Waruwu ( Universitas Nias )
Afore Tahir Harefa ( Universitas Nias )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif siswa di SMP Swasta Kristen Tomosa 1 terhadap implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berfokus pada bagaimana siswa memandang kurikulum dalam hal pemahaman, pengalaman belajar, respon emosional, dan harapan. Untuk mengeksplorasi perspektif ini secara komprehensif, diperlukan pendekatan penelitian yang tepat. Oleh karena itu, metode deskriptif kualitatif digunakan dengan menggunakan wawancara sebagai instrumen utama dan observasi kelas sebagai instrumen kedua. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dkk. (2014) yang meliputi kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas tujuh sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memandang Kurikulum Merdeka secara positif. Mereka menganggap kurikulum ini lebih praktis, menyenangkan, dan menarik dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. Siswa mengungkapkan apresiasi mereka terhadap kegiatan praktik, pembelajaran berbasis proyek, dan proses pembelajaran yang lebih fleksibel. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa mengharapkan metode pengajaran yang lebih kreatif dan interaktif untuk mendukung minat dan gaya belajar mereka. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana Kurikulum Merdeka diterima oleh siswa dan menyoroti harapan mereka terhadap lingkungan belajar.

 

Kata kunci: perspektif siswa, kurikulum Merdeka.

Referensi

Adhabi, E. A. R., & Anozie, C. B. L. (2017). Literature Review for the Type of Interview in Qualitative Research. International Journal of Education, 9(3), 86. https://doi.org/10.5296/ije.v9i3.11483

Ajam, A. akbar, Hemmati poor, O., & Rahimi, H. (2018). The relationship between Students’ Perceptions of Curriculum Components and Their Academic Enthusiasm. Journal of Medical Education Development, 11(30), 70–80. https://doi.org/10.29252/edcj.11.30.70

Baharullah, Satriani, S., Arriah, F., & Hidayah, A. (2022). Implementation of the Merdeka Belajar Curriculum Through the Application of Project-Based Learning Models To Improve Student Learning Outcomes in Mathematics Learning. MaPan, 10(2), 334–347. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a6

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Di, S., New, E., Mardes, S., Khadijah, K., & Arlizon, R. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan. 4, 325.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Hattie, John and Clarke, S. (2018). Visible Learning: Feedback (Chapter 1: What is Feedback?). Visible Learning: Feedback.

Rahma, L., Perangin, D., & Rahayu, E. M. (2024). Students ’ Perceptions of Implementation Merdeka. 12(May), 15–24.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Wijayanti, I. D. (2023). Analysis of Implementation of Independent Curriculum: Diagnostic Assessment and Differentiated Learning in Elementary Schools. Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, 1(0), 134. https://doi.org/10.24235/sicee.v1i0.14654

Yeradkar, R., & Jaywant, S. (2020). Impact of Indian Stock Market Due to Crisis in March 2020 I nternational J ournal of M ultidisciplinary E ducational R esearch. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 7(July), 89–103.

Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2018). Supporting students’ self-directed learning in the flipped classroom through the LMS TES BlendSpace. On the Horizon, 26(4), 281–290. https://doi.org/10.1108/OTH-04-2017-0016

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2013). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives, Second Edition. In Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9781410601032


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-30
Cara Mengutip  :  
Zai, A. K., Telaumbanua, K. M. E., Waruwu, Y., & Harefa, A. T. (2025). Analysis of Students’ Perspectives of the Kurikulum Merdeka Implementation at SMP Swasta Kristen Tomosa 1. Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 27–41. Diambil dari https://www.ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3758
Terbitan  :