PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI DIGITASI PETA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Riansyah Putra ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Sutrisno Sutrisno ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Naufal Tinov Naufal Tinov ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )

Abstrak

Perkembangan teknologi digital dalam bidang pendidikan menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang interaktif dan adaptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media interaktif yang berfungsi sebagai media pembelajaran digital guna meningkatkan keterampilan teknis mahasiswa pada materi Digitasi Peta dalam mata kuliah Sistem Informasi Geografis melalui penerapan fitur interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Richey dan Klein terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu design, production, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 31 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran pada materi Digitasi Peta dalam mata kuliah Sistem Informasi Geografis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menginterpretasikan hasil peningkatan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, media ajar interaktif berbasis web yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator ahli materi dengan persentase kevalidan sebesar 89%, ahli media sebesar 90%, kelayakan pengguna sebesar 94%, menunjukkan bahwa media telah memenuhi kriteria kelayakan isi, tampilan, dan interaktivitas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media ajar interaktif berbasis web layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Digitasi Peta mata kuliah Sistem Informasi Geografis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Azizah Siti Lathifah, Khoirunisa Hardaningtyas, Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2233

Danmaigoro, A., Dorh, L. E., Sadiq, I., Ahmad, A., & Naduku, V. E. (2023). Exploring Potential of Information and Communication Technology in Vocational and Technical Education in College of Education.

Dewi Pendit, S. S., Amelia, C., Azizah, A., Pilok, N. A., & Sitepu, M. S. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(3), 175–191. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1941

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Fadhilah, M., & Isma Nuriza, K. (2025). Efektivitas Pembelajaran Berbasis AI dan Augmented Reality dalam Meningkatkan Literasi Digital dan Fungsi Eksekutif Otak Siswa SD: Tinjauan Literatur Sistematis. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.21670

Gunawan, G., Nur, W., & Mardianto, M. (2023). Analisis Tingkat Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Welt Pada Politeknik Negeri Medan.

Mangasak, A., & Gasong, D. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII di SMP Kristen Kandora. 8(3).

Masing, F. A., & Aminatun, T. (2022). Developing an SSI-Based Learning Model of Android Module to Improve Critical Thingking Skills of Students. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(3), 673–685. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i3.3226

Mega Rizka Cendikia, Sumarmi, Taryana, D., Mutia, T., & Astina, I. K. (2024). Sintesis Kebutuhan Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Geosfer Berbantuan ArcGIS StoryMaps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA. Journal of Education Action Research, 8(3), 408–417. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78615

Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Rachman B, A., Harahap, S. R., Andi, Y., Nurhasan, N., Fahlifi Sf, M. R., Syahrantau, G., Selvia, S., Hafiz, A., Azmi, A., & Sugianto, S. (2025). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Dasar Penggunaan ArcGIS untuk Pemetaan Geospasial. CANANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.52364/canang.v5i1.57

Rahman, A., Sahdia, R. N., Mayeni, R., Ekaputri, Y. N., & Sefrinal, S. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN. Jurnal Kepemimpinan & Pengurusan Sekolah, 10(3), 2502–6437. https://doi.org/10.34125/jkps.v10i3.859


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Ajar Interaktif, Web Pembelajaran, Digitasi Peta, Sistem Informasi Geografis, Pendidikan Teknik Bangunan Interactive Learning Media, Web-Based Learning, Map Digitization, Geographic Information Systems, Building Construction Education
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-12-02
Cara Mengutip  :  
Putra, R., Sutrisno, S., & Naufal Tinov, N. T. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI DIGITASI PETA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 527–536. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3768
Terbitan  :