PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL

Febby Zilvania Saragih ( Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia )
Gunaria Siagian ( Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia )
Gloria Sirait ( Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia )

Abstrak

Pembelajaran biologi pada materi sel kerap menjadi tantangan bagi siswa karena konsepnya bersifat abstrak. Di sisi lain, media yang digunakan masih sederhana dan kurang interaktif sehingga tidak mampu menarik minat belajar secara optimal. Kondisi ini berpengaruh pada rendahnya capaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-booklet berbasis flipbook maker serta menilai kelayakan, respon siswa, dan pengaruh penggunaannya terhadap peningkatan hasil belajar. Metode penelitian yang dipakai adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 25 Marubun Jaya. Data diperoleh melalui lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan media e-booklet memperoleh rata-rata kelayakan 90% (kategori “sangat layak”) dan respon siswa 88% (kategori “sangat baik”). Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media tersebut. Dengan demikian, e-booklet berbasis flipbook maker dinyatakan efektif serta layak diterapkan sebagai media alternatif pada pembelajaran biologi khususnya materi sel

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adolph, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Kvisoft Materi Sistem Indra Manusia Untuk Madrasah Aliyah. 1–23. https://doi.org/10.62145/ces.v1i3.31

Alexander, I. J., Sinurat, H., Sirait, G., Marta, M., Silaban, R., & Nainggolan, J. R. (2024). Edukasi Literasi Bahasa dan Teknologi pada Anak Usia Dini di Yayasan Aku Melihat Engkau ( AME ) Medan. 6, 425–430. https://doi.org/10.33541/cs.v6i2.6150

Arikunto Suharsimi. (2022). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66

Siagian, G. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Arthropoda di SMP. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Siagian, G., Gunawan, R. G., & Ahda, Y. (2023). Development of Test Instruments Based on Critical Thinking Ability Based on Science Literacy on Environmental Pollution Materials. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(2), 288–298.https://doi.org/10.20527/quantum.v14i2.15319

Silalahi, D. P. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Reading Comprehension. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 9(2), 511–522. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i2.2609

Sirait, G. (2025). Analysis of the quality of biobriquettes from salak skin with starch adhesive. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 9(2), 232–243. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v9i2.6206

Sirait, G., Tobing, P. U. A. L., & Djulia, E. (2021). Biology Teacher’s understanding of Nature of Science (NOS). Journal of Mathematics and Natural Sciences, 1(2), 35. https://doi.org/10.24114/jmns.v1i2.33215

Sugiyono, P. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian pendidikan).


Keywords  :  
Kata Kunci: e-booklet, flipbook maker, hasil belajar, biologi, Sel e-booklet, flipbook maker, Influence, Mind Mapping, Learning Outcomes, biology, Cell
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-27
Cara Mengutip  :  
Saragih, F. Z., Siagian, G., & Sirait , G. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 332–340. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3545
Terbitan  :