PENGARUH PENGGUNAAN MOOCs TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMP

Harsuani ( Universitas Negeri Makasar, Indonesia )
Nurhikmah H ( Universitas Negeri Makasar, Indonesia )
Farida Febriati ( Universitas Negeri Makassar, Indonesia )

Abstrak

Fokus utama penelitian ini terletak pada kendala yang dihadapi sebagian siswa dalam memahami materi melalui sistem pembelajaran daring. Kesulitan tersebut muncul karena materi yang disajikan dinilai kurang menarik, sehingga menghambat tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan MOOCs dalam mata pelajaran PPKn serta untuk menilai pengaruh penggunaan MOOCs terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 6 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, yang melibatkan 40 siswa yang dipilih berdasarkan pertimbangan hasil observasi dan wawancara dengan guru, yang menunjukkan bahwa karakteristik siswa dalam satu kelas sangat bervariasi, terutama dalam hal kemampuan dan akses terhadap pembelajaran. Temuan dari penerapan MOOCs menunjukkan bahwa baik siswa maupun guru merasakan bahwa MOOCs mendukung tercapainya tujuan pembelajaran serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan MOOCs, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan MOOCs memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMPN 6 Makassar kelas VIII pada mata pelajaran PPKn.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112–119. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1126

Dewi, M. P., & Rahmawati, S. (2024). Dampak Implementasi Massive Open Online Course (MOOC) di Berbagai Negara. INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni, 28(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.57640

Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of Massive Open Online Course (MOOC) Based on ADDIE Model for Catering Courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184–192. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828

Nurhikmah, H., Nurhikmah, H., Arfandi, A., Febriati, F., & Azis, I. (2025). Kurikulum Inovasi. Inovasi Kurikulum, 22(1), 263–276. https://doi.org/10.17509/jik.v22i1.78584

Semua artikel di atas dapat diakses melalui tautan DOI yang disediakan. Jika Anda memerlukan informasi tambahan atau bantuan lebih lanjut, silakan beri tahu saya.(ojs.umrah.ac.id)

Oksatianti, B. R., Risdianto, E., & Mayub, A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Daring Berbasis MOOCs untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 174–181. https://doi.org/10.33369/ajipf.1.2.174-181

Richki Hardi, Gunawan, S. (2021). Pendekatan Baru Teknologi MOOC Sebagai Media Pembelajaran pada Matakuliah Pemrograman. Prosiding Seminar Nasional, 3, 318. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/612 (jurnal.poltekba.ac.id)

Risdianto, E. (2021). MOOCs Sebuah Tren Pendidikan Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional, 7–12. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5465

Sumarsono, S. (2021). Peran Massive Open Online Courses dalam Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 28–44. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.3451

Tarigan, M., & Silaban, D. F. (2024). Pendahuluan Statistika Deskriptif: Ukuran Frekuensi dan Ukuran Pemusatan. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(2), 187–195. https://doi.org/10.51771/jintan.v4i2.859

Utama, C., & Susilo, H. (2024). Pemberdayaan Calon Guru Sekolah Dasar dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui MOOC-Science. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(2), 355–372. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/34772/15194

Widiastri, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2021). "Menciptakan Sekolah Ramah Anak." Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Zulkifli, A., Gusniati, J., Septi Zulefni, M., Aldania Afendi, R., Asni, W., & Fitriani, Y. (2025). "Tutorial Uji Normalitas dan Uji Homogenitas dengan Menggunakan Aplikasi SPSS." Jurnal Cahaya Nusantara, 1(2), 55–68. https://jurnal.cahayapublikasi.com/index.php/jcn/issue/view/5

Zulkipli, Z., Zulfachmi, Z., & Rahmad, A. (2024). "Alasan Peneliti Menggunakan Analisis Statistik Wilcoxon (Non Parametrik)." Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), 6, 119–125. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/issue/view/317


Keywords  :  
Kata Kunci: MOOCs, PPKn, Hasil Belajar MOOCs, PPKn, Learning Outcome
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-28
Cara Mengutip  :  
Harsuani, H, N., & Febriati, F. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MOOCs TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 365–371. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3521
Terbitan  :