VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL ACCURATE PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI

Restina Purba ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Choms Gary Ganda Tua Sibarani ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Cindy Milasari Br.Sitanggang ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Meylin Simalango ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pengembangan E-Modul interaktif berbasis aplikasi Accurate sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran Komputer Akuntansi di tingkat SMK. Latar belakang penelitian berangkat dari kebutuhan siswa kelas XI Akuntansi SMKN 7 Medan terhadap media belajar mandiri yang lebih praktis dan efisien dalam memahami proses penyusunan laporan keuangan digital melalui Accurate 5, mengingat keterbatasan media pembelajaran konvensional yang tersedia di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Produk akhir berupa E-Modul dilengkapi dengan beragam fitur interaktif, seperti penyajian materi berbasis ilustrasi, video pembelajaran, contoh kasus nyata, dan latihan soal. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat tinggi, yakni 90% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi, sehingga dapat dinyatakan sangat valid. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa E-Modul Accurate layak dijadikan sebagai media pembelajaran mandiri yang sejalan dengan kurikulum merdeka berorientasi student-centered learning. Dengan demikian, produk ini berpotensi menjadi solusi inovatif bagi guru maupun siswa dalam menjawab tantangan pembelajaran akuntansi di era digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, I. A., & Dumiyati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Audio Visual Pada Pelajaran Akuntansi. Prosiding SNasPPM, 6(1), 712–716. Retrieved from https://informatika.unirow.ac.id/prosiding/index.php/SNasPPM/article/view/827

Fitriana, E. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Android Materi Persamaan Dasar Akuntansi Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi Di Smk Pgri 1 Tulungagung. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Kurniati, F., Sugiharti, H., & Mardiani, R. (2023). Eduval: Virtual Accounting Learning sebagai Digitalisasi Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Akuntansi. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 11(1), 33–40.

Maulana, F. K., Ibn, U., Bogor, K., Badak, K., Bogor, K., Barat, J., & Interaktif, P. (2024). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran E-Modul Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di, 4(1), 119–123.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Sulastri, S., & Andryani, A. (2023). Macc: Inovasi Media Pembelajaran Accurate Online Berbasis Android, 11(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v11n1.p39-49

Pratama Putra, A., & Susilowibowo, J. (2021). E-Modul Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Program Aplikasi Accurate Accounting V5 untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 250–256. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/acxe2

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490

Suaidah, S., Lathifah, Fadly, M., Gunawan, R. D., & Fahrizal, M. (2022). Pelatihan Komputer Akuntansi Bagi Guru dan Siswa SMK N 1 Natar Menggunakan Aplikasi Accurate. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.36706/beceris.v1i1.1

Sulistiani, H., Hamidy, F., Suaidah, S., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi HS, Y. (2022). Pelatihan Penerapan Accurate Accounting Software Bagi Siswa Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Padang Cermin. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 192. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2038

Umami, F., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis flipbook menggunakan model pengembangan ADDIE pada siswa kelas XI mata pelajaran desain grafis percetakan di SMKN 02 Singosari. Jurnal Pengembangan Teknologi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 1247–1252. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/10766/4757

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809


Keywords  :  
Kata Kunci: E-Modul, Accurate, Komputer Akuntansi, Pembelajaran Interaktif; E-module, Accurate, Computerized Accounting, Interactive Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-28
Cara Mengutip  :  
Purba, R., Sibarani, C. G. G. T., Br.Sitanggang, C. M., & Simalango, M. (2025). VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL ACCURATE PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 341–350. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3519
Terbitan  :