PERSEPSI SISWA TERHADAP ASSESSMENT FOR LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK SISWA: AUTONOMY, COMPETENCE DAN RELATEDNESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Restia Ayangsa ( Universitas Negeri Padang, Indonesia )
Dessi Susanti ( Universitas Negeri Padang, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap assessment for learning dan pengaruhnya terhadap motivasi intrinsik, dengan relatedness, competence, dan autonomy sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang diduga disebabkan oleh belum optimalnya pemenuhan kebutuhan psikologis dasar serta implementasi assessment for learning yang belum menyeluruh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel berjumlah 183 siswa kelas XI SMAN 2 Bungo yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berskala Likert, kemudian dianalisis menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap assessment for learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi intrinsik. Pengaruh ini dimediasi secara signifikan oleh relatedness, competence, dan autonomy. Temuan ini menegaskan bahwa penilaian formatif yang diterapkan secara tepat dapat membantu memenuhi kebutuhan psikologis dasar siswa, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar dari dalam diri mereka. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan assessment for learning secara konsisten dan berorientasi pada penguatan hubungan sosial, rasa mampu, dan kebebasan belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7–74.https://doi.org/10.1080/0969595980050102

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Plenum.https://doi.org/10.1007/978-1-4899-2271-7

Granberg, C., Palm, T., & Palmberg, B. (2021). Supporting formative assessment through self-regulated learning. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 33(2), 133–153.

Malecka, E., & Boud, D. (2023). Feedback and self-regulated learning: Building students’ capacity through dialogic practices. Assessment & Evaluation in Higher Education, 48(1), 1–15.

Pat-El, R. J., de Hoog, N., Segers, M., & Vedder, P. (2024). Exploring the impact of student perceptions of Assessment for Learning on intrinsic motivation. Studies in Educational Evaluation, 83(June), 101420. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2024.101420

Ron, J., Pat-El, R., Tillema, H., & Segers, M. (2013). The Assessment for Learning Questionnaire (AfL-Q): The construction and validation of a tool for measuring student perceptions of assessment for learning. Studies in Educational Evaluation, 39(1), 21–30.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68

Sofyatiningrum, E., Yulia, D., & Ramadhan, R. (2019). Analisis implementasi assessment for learning oleh guru SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 76–83.

Wang, C. K. J., Liu, W. C., & Ryan, R. M. (2019). Motivation in modern society: Theory and application. Contemporary Educational Psychology, 59, 101832.


Keywords  :  
Kata Kunci: assessment for learning, Motivasi Intrinsik, Autonomy, Competence, Relatedness assessment for learning, Intrinsic Motivation, Autonomy, Competence, Relatedness
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-28
Cara Mengutip  :  
Restia Ayangsa, & Susanti, D. (2025). PERSEPSI SISWA TERHADAP ASSESSMENT FOR LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK SISWA: AUTONOMY, COMPETENCE DAN RELATEDNESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 372–377. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3517
Terbitan  :