ANALYSIS OF WRITTEN MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS VIA PROBLEM BASED LEARNING IN STORY PROBLEMS
Abstrak
Kemampuan komunikasi matematis sangat penting untuk pembelajaran matematika, terutama dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita, yang membutuhkan pemahaman konsep dan penyampaian ide secara sistematis. Salah satu cara untuk membantu siswa memperoleh kemampuan tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah (PBL), yang memungkinkan mereka untuk terlibat secara aktif dalam proses pemecahan masalah dan eksplorasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulisan siswa melalui penerapan PBL pada penyelesaian soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 8 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis berdasarkan tiga indikator utama: visualisasi konsep, penggunaan simbol matematika, dan kemampuan menulis penjelasan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa secara umum berada dalam kategori tinggi dalam komunikasi matematis tulisan, dengan rata-rata skor 78, tetapi ada perbedaan di antara siswa: empat siswa berada dalam kategori tinggi (83-100), satu siswa dalam kategori sedang (75), dan tiga siswa dalam kategori rendah (58-67). Siswa dalam kategori tinggi mampu menuliskan solusi dengan runtut dan jelas, sementara siswa dalam kategori rendah masih mengalami kesulitan menyusun argumen matematis. Dengan demikian, PBL dapat membantu siswa dalam komunikasi matematis tulisan, terutama dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita.
Unduhan
Referensi
Aprila, Barlianty, and Acep Anton Fajar. 2022. “Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Dan Hubungannya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP.” Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika (Vol 12 No 1).https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5408
Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4771. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4771
Dalimunthe, Siti Asfiranna Sari, Mulyono Mulyono, and Edi Syahputra. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1229
Faizah, Hanim, and Eko Sugandi. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Smp Pada Soal Cerita Bentuk Aljabar Dalam Pembelajaran Daring.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4429
Lisnanur, S., & Purwasih, R. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Berdasarkan Perspektif Semiotik Peirce. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3). https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.467
Lubis, Risa Nursamsih, and Wardani Rahayu. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 5(2).https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23087
Ma’rifah, Chusnul, Cholis Sa’dijah, Subanji Subanji, and Toto Nusantara. 2020. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita.” Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8(2). https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991
Maryati, Iyam, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, and Ilham Tri Maulana. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Materi Aljabar Linier.” PRISMA 11(1). https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2044
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.
Mawarni, Lisa, and Hidayat Hidayat. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan KomunikasiMatematis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL).” Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa 7(2). https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1978
Munifah, Tsani, I., Yasin, M., Zuroidah, N., Huda, S., Lestari, F., & Rahmat, A. (2019). Management development of student worksheets to improve teacher communication skills: A case study on self-efficacy and student achievement. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 777–798. https://doi.org/10.17478/jegys.625618
Nasruddin, Nasruddin, and Jahring Jahring. 2019. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Saintifik 5(1).https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.195
Nugraha, Tonnie Hari, and Heni Pujiastuti. 2019. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 9(1).https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880
Putri, N. D., and E. Musdi. 2020. “Analysis of Students Initial Mathematical Communication Skills in Mathematics Learning.” In Journal of Physics: Conference Series,.https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012064
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Ramadhan, Sahrul, Elly Arliani, Mayang Purbaningrum, and Nur Lailatul Azizah. 2023. “The Development Of Hots-Based Financial Mathematics Question To Support Studets’ Mathematical Communication Skill.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(4).https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8118
Ritonga, A. I., Sitompul, P., & Siagian, P. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran TPS dan STAD di MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2376
Utami, Nurma Wahyu, Lathiful Anwar, and Makbul Muksar. 2023. “Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Penerapan Inklusi-Eksklusi Ditinjau Dari Perbedaan Gender.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6412
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Written Mathematical Communication, Problem-Based Learning (PBL), Story Problems, Mathematics Komunikasi Matematis Tulisan, Problem-Based Learning (PBL), Soal Cerita, Matematika
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-11-29
|
| Cara Mengutip | : |
Khoiriyah, M., Cholily, Y. M., Rosyadi, A. A. P., & In’am, A. (2025). ANALYSIS OF WRITTEN MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS VIA PROBLEM BASED LEARNING IN STORY PROBLEMS. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 412–417. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3462
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

