IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL'ALAAMIN DALAM PEMBELAJARAN: STUDI KAJIAN DI SMA 3 KOTA JAMBI
Abstrak
Implementasi P5RA dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Kota Jambi saat ini masih berada pada tahap penyesuaian dan memerlukan strategi yang lebih terstruktur agar mampu mewujudkan tujuan pendidikan yang holistik sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wali kelas, guru PAI dan Budi Pekerti, serta peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan P5RA dalam pembelajaran PAI berorientasi pada pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam dalam kehidupan siswa. Guru menyiapkan kegiatan yang mendorong penerapan nilai gotong royong, toleransi, empati, keadilan, serta kepedulian lingkungan melalui pendekatan teoritis maupun praktis; (2) pelaksanaan P5RA dilakukan dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam ke dalam aktivitas belajar sehari-hari melalui metode kolaboratif berbasis nilai sosial; dan (3) evaluasi implementasi P5RA di sekolah ini dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan berbagai model penilaian, antara lain evaluasi formatif, sumatif, evaluasi diri, serta portofolio. Temuan ini menegaskan perlunya komitmen berkesinambungan dari seluruh warga sekolah untuk menyempurnakan penerapan P5RA dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Kota Jambi.
Unduhan
Referensi
Al-Qur’an Al-Karim. n.d. Al-Qur’an Al-Karim Dan Terjemahannya Dengan Transliterasi. Semarang: PT. Karya Toha Putra,t.t.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. 15th ed. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Darwanti, Asri, Endang Fauziati, and Achmad Fathoni. 2025. “Perspektif Moral Knowing Thomas Lickona Pada Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar.” 8:1–11. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.3996
Faoziyah, Sitti. 2023. “Inklusi Sosial Dalam Perspektif Keislaman: Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Untuk Semua.” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional 5(1):47–56. https://doi.org/10.54783/jin.v5i1.677.
Hafsah, Saddam, and Sri Endang. 2023. “Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan: Kajian Ontologis, Epistemologi Dan Aksiologi Pedagogik.” CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 11(2):33–43. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16762
Hasibuan, Nelson. 2024. Transformasi Pendidikan Karakter: Menuju Sdm Unggul Dan Berkelanjutan. Jakarta: Tahta Media.
Indonesia, Presiden Republik. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter.
Jaenudin, Salsabila Syahda, Asep Dudi Suhardini, and A. Mujahid Rasyid. 2024. “Implementasi Program P5 Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa.” 113–20. https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5329
Jannah, Miftahul. 2019. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(1):77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178
Kaulika, Syamela Massa. 2023. “Urgensi Filantropi Islam Untuk Pembiayaan Pendidikan Alternatif Bagi Anak-Anak Yang Tidak Mampu.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 6(1):58–73. dhttps://doi.org/10.19105/re-jiem.v6i1.8720
Kemendikbudristek. 2022. Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. jaarts.
Miller, John P. 2010. Whole Child Education. Toronto: University of Toronto Press.
Misiaszek, Greg William. 2014. “No Title.” Journal of Environmental Education 48(3):203–14.
Mumin, U. Abdullah. 2018. “Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Al-Afkar: Journal For Islamic Studies 1(2):15–26. doi: 10.5281/zenodo.3554805.
Nawawi, Muhammad Latif, Wakib Kurniawan, and M. Abdun Jamil. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Lembaga Pendidikan Era Society 5.0 (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Bustanul ‘Ulum Anak Tuha).” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8:899–910.
Prakarsa, Arzfi Bima, Maria Montessori, and Rusdinal. 2024. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah.” De-Journal (Dharmas Education Journal) 5(2):747–53. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1405
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wijaya, Septian Purba, Wahab, and Kurniawan Syamsul. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6(2):293. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804
Zamroni. 2019. “Model Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 24(1).
Zuhairini, Z., et al. 2015. Metodologi Pengajaran Agama. Jakarta: Bumi Aksara.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , Pendidikan Agama Islam Pancasila Profile Strengthening Project, Islamic Religious Education
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-11-29
|
| Cara Mengutip | : |
Oktarina, Y., & Sururudin. (2025). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL’ALAAMIN DALAM PEMBELAJARAN: STUDI KAJIAN DI SMA 3 KOTA JAMBI. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 397–403. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.2990
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

