EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI JARINGAN LOKAL DAN INTERNET SISWA SMA

Diah Pitaloka ( Universitas Mulawarman, Indonesia )
Dewi Rosita ( Universitas Mulawarman, Indonesia )

Abstrak

IPA merupakan mata pelajaran yang memerlukan keterampilan khusus yang harus dimiliki siswa salah satunya yakni keterampilan komunikasi ilmiah. Keterampilan komunikasi ilmiah ternyata belum menjadi fokus pembelajaran IPA di jenjang SMP yang menyebabkan banyak siswa memiliki Tingkat keterampilan komunikasi ilmiah yang rendah. Tujuan dilakukannya pengembangan modul IPA berbasis STEM SDGs yakni untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan modul yang telah dikembangkan dengan diintegrasikan dengan STEM SDGs dalam meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa SMP. Penelitian yang dilakukan berjenis pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang melalui lima tahapan yakni tahap analisis, desain, pengembangan, pengaplikasian, dan evaluasi. Produ diuji dengan menggunakan dua uji yakni uji keefektifan dan uji validitas. Pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis STEM SDGs yang dikembangkan telah melewati kedua uji tersebut dengan baik yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis STEM SDGs telah terbukti valid dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910

Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1753

Beta, N. H., Azis, A. A., Khadijah, S., & Nur, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning di SMA Negeri 1 Bone. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 243–253. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/682%0Ahttp://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/682/427%0Ahttp://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/665/369

Cahyani, N. K. C. (2021). Effectiveness of Project-Based Learning Models in Improving Students’ Creativity (A Literature Review). The Art of Teaching English as a Foreign Language, 2(1), 73–77. https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.107

Fadilah Amin, N., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 21–23.

Fidiyah Rahma Safitri, Supratman Zakir, & Ekoza Yupino Herman. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar Peserta Didik Mapel Informatika Materi Sistem Komputer Melalui Model project Based Learning metode Demontrasi di Kelas X SMAN 1 Lareh Sago Halaban. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 704–709.https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.352

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88.

Ningsih, S. R., Disman, Ahman, E., Suwatno, & Riswanto, A. (2020). Effectiveness of using the project-based learning model in improving creative-thinking ability. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 1628–1635. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080456

Pangumbahas, N., Tumangkeng, J. V., & Tulandi, D. A. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Media Presentasi Pada Materi Gerak Parabola. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.53682/charmsains.v4i2.249

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003

Tulandi, D. A., & Resbal, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Eksploratif Tentang Konsep Dan Proses Fisika Di Permukaan Air Danau Tondano. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 29–34. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i3.159


Keywords  :  
Kata Kunci: Project Based Learning;, Jaringan Lokal dan Internet;, Hasil Belajar; Project Based Learning;, Local and Internet Networks;, Learning Outcomes;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Pitaloka, D., & Rosita, D. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI JARINGAN LOKAL DAN INTERNET SISWA SMA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 67–74. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2868
Terbitan  :