PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Heni Herlina ( Universitas Jambi, Indonesia )
Indryani Indryani ( Universitas Jambi, Indonesia )
Bunga Ayu Wulandari ( Universitas Jambi, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Komik dalam pembelajaran IPS pada materi interaksi sosial untuk siswa SMP, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap manfaat dan kemenarikan media E-Komik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 31 Muaro Jambi, dan instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Komik untuk materi interaksi sosial layak digunakan dalam pembelajaran, dengan hasil validasi dari ahli media (85%), ahli materi (92%), dan guru bidang studi (99%). Hasil uji coba lapangan menunjukkan kelayakan praktis sebesar 90%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis E-Komik yang menarik dan bermanfaat, serta menjadi referensi bagi guru dalam menggunakan media yang inovatif untuk meningkatkan motivasi dan capaian pembelajaran siswa SMP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1126

Juwairiah, J., Sembiring, D., Kadirun, K., & Rukhmana, T. (2024). Penyuluh Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Animasi Flash Kepada Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Nirwana. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 729–736. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1334

Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). . PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan tantangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Elementary School Teacher, 7(2), 48–58. https://doi.org/10.15294/9wvmet33

Mayer, R., & Roxana, M. (2002). Animation as an Aid to Multimedia Learning. Educational Technology, 14(1), 87. https://doi.org/10.1023/A:1013184611077

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/d6wck

Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634

Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2019). The Effect of Interactive Learning Media on Students’ Science Learning Outcomes. Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Education Technology, 20–24. https://doi.org/10.1145/3323771.3323797

Sari, N. M. D. K. (2024). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Pada Topik Norma Dan Aturan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyuni, S., & Konseling, D. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Vol. 4).


Keywords  :  
Kata Kunci: pengembangan, e-komik, Interaksi Sosial Learning Media, E-Comics, Social Interaction
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-03
Cara Mengutip  :  
Herlina, H., Indryani, I., & Ayu Wulandari, B. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 30–38. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2774
Terbitan  :