PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Komik dalam pembelajaran IPS pada materi interaksi sosial untuk siswa SMP, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap manfaat dan kemenarikan media E-Komik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 31 Muaro Jambi, dan instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Komik untuk materi interaksi sosial layak digunakan dalam pembelajaran, dengan hasil validasi dari ahli media (85%), ahli materi (92%), dan guru bidang studi (99%). Hasil uji coba lapangan menunjukkan kelayakan praktis sebesar 90%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis E-Komik yang menarik dan bermanfaat, serta menjadi referensi bagi guru dalam menggunakan media yang inovatif untuk meningkatkan motivasi dan capaian pembelajaran siswa SMP.
Unduhan
Referensi
Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1126
Juwairiah, J., Sembiring, D., Kadirun, K., & Rukhmana, T. (2024). Penyuluh Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Animasi Flash Kepada Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Nirwana. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 729–736. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1334
Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). . PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan tantangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Elementary School Teacher, 7(2), 48–58. https://doi.org/10.15294/9wvmet33
Mayer, R., & Roxana, M. (2002). Animation as an Aid to Multimedia Learning. Educational Technology, 14(1), 87. https://doi.org/10.1023/A:1013184611077
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/d6wck
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2019). The Effect of Interactive Learning Media on Students’ Science Learning Outcomes. Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Education Technology, 20–24. https://doi.org/10.1145/3323771.3323797
Sari, N. M. D. K. (2024). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Pada Topik Norma Dan Aturan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wahyuni, S., & Konseling, D. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Vol. 4).
Keywords | : |
Kata Kunci:
pengembangan, e-komik, Interaksi Sosial Learning Media, E-Comics, Social Interaction
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-06-03
|
Cara Mengutip | : |
Herlina, H., Indryani, I., & Ayu Wulandari, B. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK INTERAKSI SOSIAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 30–38. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2774
|
Terbitan | : |