PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KINEMASTER APLICATION PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK KELAS IV SD
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikelas IV SD khususnya pada mata pelajaran IPAS yang disebabkan oleh guru belum memiliki bahan ajar seperti video pembelajaran sehingga proses pembelajaran hanya berlangsung dengan menggunakan buku guru dan buku siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media video pembelajan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian validasi oleh tiga validator mempunyai skor rata-rata 87 dengan kategori sangan valid. Hasil penelitian praktikalitas video pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik kelas IV SD mempunyai skor rata-rata 95,5 dengan kategori sangat praktis. Hasil efektifitas yang dilakukan oleh seluruh peserta didik kelas IV SD memperoleh persentase kelulusan 93,1 dengan kategori sangat efektif. Maka, kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan video pebelajaran menggunakan Kinemaster Aplication mempunyai kriteria valid, praktis, dan efektif.
Unduhan
Referensi
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., Guru, P., Dasar, S., Djuanda, U., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Keislaman, F. I., Al-ihya, U. I., Guru, P., Dasar, S., Nahdlatul, U., Perkantoran, A., Ekonomi, F., Jakarta, U. N., & Muka, J. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove The Science Learning Results. 12(April), 54–72.
Darmono, A., Dwi, D., Wenda, N., Agama, I., & Ngawi, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Rama Berbasis Kinemaster Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. 6(2), 55–66. https://doi.org/10.56997/kurikula.v6i2.700
Estuhono, Nurhasanah, N., & Subhan, M. (2021). Pengembangan Modul IPA SD Berbasis Model Research Based Learning (PBL ) untuk Keterampilan 4 C ’ s Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4614–4627. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1530
Estuhono, Salita, R. D., & Mahmudi, M. R. (2021). Pengembangan Model IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Four Cs Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar 210 Tanjung Dani. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling. 232–243.
Fadilah, A., & Kanya, N. A. (2023). Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 11–12.
Mairina, V., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan pendekatan keterampilan proses di sekolah dasar. 6(1), 34–39. https://doi.org/10.29210/3003720000
Wann Nurdiana Sari, & Ashiful Faizin. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954–960. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1250.
Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.195
Widiastuti, N., & Putra, D. K. N. S. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Demonstrasi untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 270–278. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.44962
Keywords | : |
Kata Kunci:
Video Pembelajaran; Pengembangan; Aplikasi Kinemaster; Learning Video; Development; Kinemaster Application
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Estuhono, E., & Sapitri, S. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KINEMASTER APLICATION PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK KELAS IV SD . Jurnal Muara Pendidikan, 9(2), 282–288. https://doi.org/10.52060/mp.v9i2.1417
|
Terbitan | : |