PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA GENERASI MILENIAL SEBAGAI UPAYA PENANGKALAN BERITA HOAKS DI SMA NEGERI 1 MERANGIN

Ade Agung Kurniawan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Haryan Dwi Baharna ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Suci Rahmawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membawa dampak positif sekaligus tantangan bagi generasi milenial, termasuk meningkatnya peredaran berita hoaks di media sosial. Kurangnya kemampuan siswa dalam memilah informasi yang valid dapat menimbulkan kesalahan persepsi dan perilaku digital yang kurang bijak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMA Negeri 1 Merangin sekaligus memberikan pemahaman yang lebih kuat mengenai cara mengenali, menganalisis, dan menangkal penyebaran berita hoaks. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan interaktif, demonstrasi kasus, dan pendampingan penggunaan platform digital yang aman dan bertanggung jawab. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap indikator hoaks, kemampuan memverifikasi informasi melalui sumber terpercaya, serta sikap lebih kritis dalam menerima dan menyebarkan informasi. Dengan adanya program ini, siswa mampu menerapkan keterampilan literasi digital secara lebih efektif dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari hoaks. Kegiatan ini diharapkan menjadi model penguatan literasi digital bagi sekolah lain dalam menghadapi tantangan informasi di era digital

Referensi

N. Hidayah, “Pengaruh media sosial terhadap penyebaran hoax oleh digital negatif,” J.

dampak positif dan negatif media Sos., vol. 2, no. January, 2021.

H. Mundzir, Khrisna Hadiwinata, Shohib Muslim, Sri Hudiarini, and Moh. Abdullah Anshori,

“Sosialisasi Penangkalan Berita Hoax di Perkumpulan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Karang

Besuki Kecamatan Sukun Kota Malang,” J. Pengabdi. Polinema Kpd. Masy., vol. 8, no. 2, pp.

–43, 2021, doi: 10.33795/jppkm.v8i2.88.

D. L. Amilia, I. D. Palupi, and T. Fairuz, “Literasi Media: Bahaya Berita Hoaks Bagi Ibu-Ibu

Di Bratang Wetan Iii,” PSHPM Pros. …, pp. 16–24, 2022, [Online]. Available:

https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/scfp/article/view/705%0Ahttps://conference.untag-

sby.ac.id/index.php/scfp/article/download/705/246

P. P. G. P. Pertama, P. G. K. Dana, and I. G. N. A. F. D. Putra, “Pemanfaatan Internet dan

Penyebaran Hoax di Media Sosial PKK Kabupaten Gianyar,” Widyabhakti, vol. 2, no. 1, pp.

–104, 2019.

H. Yuliani, “Literasi Digital Dalam Menangkal Berita Hoax Di Media Sosial (Studi Pada

Mahasiswa Fisip Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” J. Madia, vol. 2, no.

, pp. 20–25, 2022, doi: 10.36085/madia.v2i1.3041

Wardle, C., & Derakhshan, H. (2017). Information disorder: Toward an interdisciplinary framework. Council of Europe.

UNESCO. (2018). Media and information literacy: Policy and strategy guidelines. UNESCO Publishing.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2018). Modul Literasi Digital. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

Potter, W. J. (2016). Media literacy. SAGE Publications.

Rheingold, H. (2012). Net smart: How to thrive online. MIT Press.

Schmidt, A., & Cohen, J. (2013). The new digital age: Transforming nations, businesses, and our lives. Knopf.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Siswanto, T. (2020). Literasi digital dalam menghadapi berita hoaks di media sosial. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 54–66.

Pratama, A. B. (2019). Perilaku siswa dalam menerima informasi digital di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(2), 112–120.

Rahmawati, D. (2021). Pendidikan literasi digital untuk menangkal hoaks pada remaja. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 44–52.

Kurniawan, H. (2019). Dampak hoaks terhadap perilaku pelajar di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 88–96.

Sari, M., & Dewi, N. (2020). Implementasi literasi digital di kalangan siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 41–52.

Yanti, R., & Basri, A. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan literasi digital siswa di era pandemi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 211–220.

Nugroho, P. (2022). Upaya sekolah dalam memerangi informasi palsu melalui pendidikan literasi media. Jurnal Pengabdian Masyarakat Digital, 5(2), 77–84


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-30
Cara Mengutip  :  
Kurniawan, A. A., Baharna, H. D., & Rahmawati, S. (2025). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA GENERASI MILENIAL SEBAGAI UPAYA PENANGKALAN BERITA HOAKS DI SMA NEGERI 1 MERANGIN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Kesehatan & Sains (JPMTKS), 1(2), 47–54. https://doi.org/10.52060/jpmtks.v1i2.3841
Terbitan  :