CARA BELAJAR SISWA DENGAN NILAI DI BAWAH KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Abstract
Keberhasilan belajar siswa seringkali diukur berdasarkan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), namun tidak semua siswa mampu mencapainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara belajar siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, artikel ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa, seperti motivasi, gaya belajar, dan lingkungan belajar. Penulis menemukan bahwa pemilihan strategi belajar yang tepat, serta dukungan yang baik dari lingkungan sosial dan pendidikan, dapat membantu siswa yang kesulitan mencapai KKM untuk memperbaiki hasil belajarnya. Artikel ini memberikan rekomendasi bagi guru dan pendidik untuk lebih memperhatikan perbedaan individu siswa dalam cara belajar dan menyesuaikan metode pengajaran agar lebih efektif.
Kata kunci: KKM, Strategi Belajar, Motivasi Belajar
References
Dewi, R. F., & Rahmawati, S. (2017). "Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan, 8(1), 56-67.
Evandel, K., Indrawan, E., Primawati, P., & Wulansari, R. E. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Projek Based Learning. Yasin, 4(1), 58–65.https://doi.org/10.58578/yasin.v4i1.2467
Hidayat, A., & Widodo, A. (2018). Strategi Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Listari, D. A., & Rabbani, M. F. (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.312
Mardapi, D., Hadi, S., & Retnawati, H. (2015). Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Berbasis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 38–45. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4553
Natasya Nurul Lathifa, Khairil Anisa, Sri Handayani, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69–81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869
Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13-24.
Pangastuti, R., & Munfa’ati, K. (2018). Penilaian acuan norma, penilaian acuan patokan, riteria ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiah an-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Jurnal Tarbiyah AL-AWLAD, 8(2), 202–217.
Putri, L. D., & Santosa, H. (2019). "Pengaruh Motivasi dan Strategi Belajar Terhadap Pencapaian KKM pada Siswa Sekolah Menengah". Jurnal Pendidikan, 10(2), 124-133.
Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 240–253. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3649
Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak!. Elex Media Komputindo.
Ramadhanti, A. . K. E. . H. U. (2024). Studi Literatur: Ragam Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 9723–9732.
Keywords | : |
Keywords:
KKM, Learning Strategies, Learning Motivation KKM, Strategi Belajar, Motivasi Belajar
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-09-25
|
How to Cite | : |
roswita, mira, & prahagia , yelvia. (2024). CARA BELAJAR SISWA DENGAN NILAI DI BAWAH KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i1.2766
|
Issue | : |
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.