WORKSHOP PEDAGOGICAL KNOWLEDGE GURU MUHAMMADIYAH KABUPATEN BUNGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21
Abstrak
Keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi, menjadi tuntutan utama dalam dunia pendidikan modern. Namun, guru-guru Muhammadiyah Bungo masih menghadapi tantangan zaman dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang mendukung penguasaan keterampilan mengajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki keterbatasan dalam penguasaan Pedagogical Knowledge (PK) dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) melalui pelatihan intensif berbasis Workshop. Metode yang digunakan dalam kegiatan pegabdian masyarakat ini menerapkan pendekatan Community-Based Education, yang melibatkan guru sebagai mitra aktif dalam proses pelatihan. Kegiatan pengabdian meliputi tiga tahapan utama: analisis situasi untuk mengidentifikasi kebutuhan guru, pelaksanaan workshop berbasis praktik, serta evaluasi dampak pelatihan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru. Workshop mencakup materi tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS), strategi pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), serta pemanfaatan teknologi dalam pengajaran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap konsep PK dan TPACK, serta peningkatan keterampilan mereka dalam mendesain dan menerapkan metode pembelajaran inovatif. Selain itu, terbentuk komunitas belajar guru yang mendukung refleksi dan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah Muhammadiyah Kabupaten Bungo dan peserta undangan yang mengikuti kegiatan workshop yang telah dilaksanakan.
Referensi
Basyah, N. A., Fahmi, I., & Jalil, Z. A. (2021). Penggunaan Teknologi Guru Dalam Jabatan Melalui Kerangka Kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3). https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1245-1250.2021
Darling & Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice?. European journal of teacher education, 40(3), 291-309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399
Fahrudin. (2022). Komponen Pembelajaran -dalam Perspektif Pendidikan Islam. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(2).https://doi.org/10.61456/tjie.v2i2.19
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1).
Gess, Newsome, J., Taylor, J. A., Carlson, J., Gardner, A. L., Wilson, C. D., & Stuhlsatz, M. A. (2019). Teacher pedagogical content knowledge, practice, and student achievement. International Journal of Science Education, 41(7), 944-96.https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1265158
Guskey, T. R. (2002). Professional Development And Teacher Change. Teachers and teaching, 8(3), 381-391.https://doi.org/10.1080/135406002100000512
Ibrahim, M. (2010). The Use Of Community Based Learning In Educating College Students In Midwestern USA. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 392-396. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.032
Koehler, M. J., & Mishra, P. (Eds.). (2016). Handbook Of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for educators. Routledge.
Maralih. (2014). Peranan supervisi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Qathruna, 1(1).
Nurmansyah, U., & Setiana. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1147
Rahayu, R., & Muhtar, T. (2022). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3117
Ratnawati, N., Wahyuningtyas, N., & Bashofi, F. (2022). Analisis Kemampuan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) Guru-guru IPS SMP di Malang. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(2). https://doi.org/10.17977/um022v7i22022p78
Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sosialisasi Literasi Digital di Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4).https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9597
Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth In Teaching. Educational researcher, 15(2), 4-14.
Sitopu, J. W., Pitra, D. H., Nurmiati, A. S., Purba, I. R., & Sari, M. N. (2023). Peningkatan Kualitas Guru: Pelatihan Dan Pengembangan Profesional Dalam Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13441-13447.
Situmorang, R. P. (2019). Pedagogical Content Knowledge (Pck) Ability Of Pre Service Biological Teachers Based On Lesson Plan And Teaching Practice. Edusains, 11(1). https://doi.org/10.15408/es.v11i1.10988
Thomas, J. W. (2000). A Review Of Research On Project-Based Learning.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning For Life In Our Times. John Wiley& Sons.
Wang, Y., Jodoin, P. M., Porikli, F., Konrad, J., Benezeth, Y., & Ishwar, P. (2014). CDnet 2014: An expanded change detection benchmark dataset. In Proceedings of the IEEE conference on computer vision and pattern recognition workshops (pp. 387-394).https://doi.org/10.1109/CVPRW.2014.126
Wiyoko, T., Pitra, D. H., & Aryana, F. R. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Sd Negeri 123/Ii Tebat Pelepat Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 136-142.https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1853
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-30
|
Cara Mengutip | : |
Pitra, D. H., Wiyoko, T., & Habibie , Z. R. (2025). WORKSHOP PEDAGOGICAL KNOWLEDGE GURU MUHAMMADIYAH KABUPATEN BUNGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21 . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 197–205. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2887
|
Terbitan | : |