PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMA MELALUI PELATIHAN DESAIN MODUL AJAR KREATIF DENGAN CANVA BERDASARKAN TOPIK PEMBELAJARAN
Abstrak
Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan sangatlah krusial untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Aplikasi desain grafis seperti Canva menawarkan kesempatan bagi pendidik untuk merancang modul ajar yang inovatif. Namun, banyak pendidik yang belum memaksimalkan penggunaan Canva dalam mengembangkan modul ajar yang menarik, terutama disebabkan oleh keterbatasan keterampilan desain. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang modul ajar kreatif melalui program pelatihan keterampilan desain grafis yang diikuti oleh 27 peserta. Metode yang diterapkan meliputi penyampaian materi teoritis, praktik langsung, serta evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan keterampilan desain yang signifikan, dengan rata-rata nilai peserta meningkat dari 57.22 menjadi 86.44. Evaluasi kepuasan menggunakan angket menunjukkan lebih dari 90% peserta puas, dan wawancara dengan 10 peserta acak mengungkapkan bahwa 85% merasa lebih percaya diri dalam menggunakan Canva. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan keterampilan dan kesiapan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran.
Referensi
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/mwdwxy87
Alia, P. A., Prayogo, J. S., Kriswibowo, R., Setyawan, A. budi, & Febriana, R. W. (2024). Pengembangan Keterampilan Desain Interaktif Dan Serbaguna Dalam Era Society 5.0 Dengan Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 977–982. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i3.864
Andriyanto, O. D., Hardika, M., & Sukarman, S. (2022). Canva as a Media for Exploration of Indonesian Tourism Knowledge in BIPA Learning . Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 190–194. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.034
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Christiana, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253
Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789
Hake. (1999). Analyzingcharge Gain scores. America Educational Research Association’s Division, Measurrement and Research Methodology.
Heryati, A., & Dhamayanti, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Microsoft Power Point Dan Pelatihan Internet Untuk Menghadapi Kurikulum K-13 Di Smpn 20 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.763
Komalasari, Y., Nugraha, M. ., Danim, S., & Razak, A. Z. . (2024). Implementation Of Stem Learning With A Scientific Approach To Improving Critical, Creative Thinking, And Learning Outcomes. 13(2), 182–194. https://doi.org/10.15294/nkwfa914
Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716
Ngoc, N. T. B., & Huyen, P. K. (2023). Using Canva Platform In Designing English Lessons To Increase Students Learning Motivation. International Journal of Scientific and Research Publications, 13(4), 158–162. https://doi.org/10.29322/IJSRP.13.04.2023.p13623
Nukmatus syahria, Rahayu, E. Y., & Pandanwangi, A. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Bagi Guru-Guru SMA/SMK Se-Bangkalan Madura. Pancasona, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36456/pancasona.v3i1.8627
Putra, F. P., Ariana, R. D., Masruhim, M. A., & Najmiah, S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3322
Rachman, A., Yochanan, Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. In Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu (Issue Januari).
Rustin Cuit, G. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 5(5), 1488–1494. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Sampoerna, S. T., Rahardja, U., Mardiana, Devana, V. T., & Santoso, N. P. L. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 46–55.https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.567
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 1, 732–742.
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203
Vargas, I. M., Cabrera, C. I. G., Cortez, C. A. A., Apaza, I. M. A., & Reátegui, M. D. (2022). The canva platform and meaningful learning in regular basic education. International Journal of Health Sciences, 6(June), 643–658. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS7.11213
Wiyoko, T., Helida Pitra, D., & Aryana, F. R. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru SD Negeri 123/II Tebat Pelepat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 136–142. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1853
Keywords | : |
Kata Kunci:
In House Training, Teaching Module Design, Canva, Digital Education; Pelatihan Guru, Desain Modul Ajar, Canva, Pendidikan Digital
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-05
|
Cara Mengutip | : |
Septa Cahyani, Agustina, Terttiaavini, T., & Pratiwi Putri, I. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMA MELALUI PELATIHAN DESAIN MODUL AJAR KREATIF DENGAN CANVA BERDASARKAN TOPIK PEMBELAJARAN . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 124–132. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2808
|
Terbitan | : |