PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI NEGERI PILIANA KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstrak
Kemampuan membaca adalah ketrampilan dasar yang harus dimiliki anak sebelum melanjutkan tahap pendidikan lebih tinggi. Namun, anak-anak di Negeri Piliana mengalami tantangan dalam penguasaan kemampuan membaca akibat keterbatasan faktor sarana dan prasarana yang tersedia. Oleh karena itu, Unit Kegiatan Mahasiswa Gopala Valentara, Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret melaksanakan kegiatan pengabdian yang bertujuan meningkatkan literasi anak-anak ditingkat sekolah dasar di Negeri Piliana. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya perubahan pembelajaran literasi yang lebih menarik bagi guru sekaligus adanya peningkatan literasi anak di SD Kristen Piliana.
Referensi
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Ambarita, R. S. N. S. W., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836
Anggraini, G. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Masyarakat Adat Dayak Ngaju. A Turars. Jurnal Pemikiran Pendiidkan Islam, 10(2), 91–102. https://doi.org/10.24260/at-turats.v10i2.667
Asyifa, Z., & Safrida. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Literasi Anak Desa Terpencil di Aceh Barat. Jurnal Sosialisasi Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 10(2), 20–31.
Biantoro, S., & Setiawan, B. (2021). Membangun Pendidikan Inklusif:Pendidikan Kontekstual Masyarakat Adat di Indonesia. Jurnal Kebudayaan, 16(2), 89–100. https://doi.org/10.24832/jk.v16i2.360
Fadhilah, N. I. (2014). Peranan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Guna Menunjang Hasil Belajar Siswa di SD Islam Al Syukro Universal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. (2019). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Ferawati, C., Agrita, T. W., & Wiyoko, T. (2023). Kerjasama Orangtua Dan Guru Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 429–436. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1530
Lasamahu, D. S., Lembang, F. K., & Sinay, L. J. (2021). Analisis Pemetaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Di Kabupaten Maluku Tengah Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling. Variance: Jurnal of Statistics and Its Aplications, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.30598/variancevol3iss1page37-47
Maulido, S., Karmijah, P., & Rahm, V. (2024). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat di Daerah Terpencil. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 198–208. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.488
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128.
Rahmatia, S., & Ramlan. (2023). Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Buletin Edukasi Indonesia, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.56741/bei.v2i02.177
Rois, I. N., & Kurniati, D. (2024). Pendidikan Masyarakat Di Daerah 3t.
Salma, N. (2016). Makna Pendidikan Anak Bagi Masyarakat Petani di Desa Munggu Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(5), 502–513.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Literasi, Piliana, Pendidikan, Pengabdian, Dasar Literacy, Piliana, Education, Community Services, Basic.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-03
|
Cara Mengutip | : |
setiyawan, anang, & Zainuddin Akbar, M. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI NEGERI PILIANA KABUPATEN MALUKU TENGAH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 37–42. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2698
|
Terbitan | : |