PELATIHAN PEMANFAATAN BAHAN BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI PAUD AN’NASAR

Risnajayanti risnajayanti ( Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia )
Usman Usman ( Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia )
Yunissyah Hasan Saali ( Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia )
Nagandi Selviani ( Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia )
Riani Riani ( Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia )

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, serta memanfaatkan bahan bekas sebagai media pembelajaran yang dibentuk secara kreatif. Program pengabdian masyarakat ini melibatkan guru untuk memudahkan pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan berkualitas. Penggunaan bahan bekas untuk membuat media pembelajaran, yaitu: stik es krim, botol minuman, kardus, kertas, dan lain-lain. Bahan bekas  ini digunakan untuk menyediakan media pembelajaran yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik dilingkungan sekitar sekolah. Untuk itu, adanya kreativitas guru dalam pembelajaran dengan memanfaat bahan bekas. Bahan bekas merupakan bahan yang sudah tidak terpakai, dan dapat ditemui dilingkungan sekitar yang terkadang hanya menumpuk dan seringkali dibuang ataupun dibakar. Adapun manfaat bahan bekas, yaitu pengolahan atau daur ulang seperti membuat kardus dengan bentuk geometri, stik es krim yang ditempelkan angka, botol minuman yang dibuat dengan bowling huruf, tutup botol yang diberi warna secara bervariasi, dan gelas minuman yang dijadikan wadah untuk memasukan angka atau huruf. Evaluasi yang dilakukan untuk mengevaluasi pengetahuan serta keterampilan guru terkait pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan bahan bekas setelah program pengabdian masyarakat dilaksanakan. Hasil Pengabdian Masyarakat ini memberikan manfaat bagi guru dan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan mengkondisikan lingkungan sekitar. Dengan menggunakan bahan bekas, dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru dalam mendesain media pembelajaran secara efektif dan berkualitas.

Referensi

Acesta, A. (2017). Urgensi Media Pembelajaran pada Pendidikan Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 197–202.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Ruzz.

Iskandar, A. (2006). Daur Ulang Sampah. Azka Mulia Media.

Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. http://efektor.unpkediri.ac.id

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311

Nilawati, E. S. (2010). Menyulap Sampah jadi Sampah Kerajinan Cantik. Nobel Edumedia.

Nurlina, & Bahera. (2024). Belajar Melalui Bermain : Seni sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(2), 222–232. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ceria.v7i2

Putranto, P. (2023). Prinsip 3R: Solusi Efektif untuk Mengelola Sampah Rumah Tangga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 8591–8605. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5882

Salma, S., & Nurlina, N. (2024). Strategi Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 65. https://doi.org/10.24853/yby.8.1.65-74

Sjamsir, H., Sutriany Jafar, F., & Nurjanah, A. (2018). Early Childhood Education Journal of Indonesia Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Di Tk Islam Al-Kautsar Samarinda. IJECES: Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 1–6.


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning Media; Used materials Media pembelajaran; Bahan bekas
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-02
Cara Mengutip  :  
risnajayanti, R., Usman, U., Hasan Saali, Y., Selviani, N., & Riani, R. (2024). PELATIHAN PEMANFAATAN BAHAN BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI PAUD AN’NASAR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 247–251. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.2184
Terbitan  :