PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PIMPINAN DAN KADER PK IMM FTIK UIAD SINJAI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta. Metode pelatihan yang digunakan adalah pendekatan praktik langsung dengan pendampingan, latihan intensif, serta sesi diskusi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan menulis sebelum dan sesudah pelatihan adalah rubrik penilaian karya tulis ilmiah dan kuesioner penilaian diri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis peserta setelah mengikuti pelatihan. Sebelum pelatihan, sebagian besar peserta memiliki keterampilan menulis yang terbatas, terutama dalam struktur penulisan, penyajian data, dan argumentasi ilmiah. Namun, setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hal struktur karya tulis, kejelasan argumentasi, serta kedalaman analisis. Selain itu, pelatihan ini juga membantu peserta untuk mengembangkan sikap kritis terhadap literatur dan mengasah kemampuan peserta dalam mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai sumber untuk mendukung argumen. Respon positif juga diterima dari peserta terkait metode pelatihan yang interaktif dan pendekatan yang mendalam terhadap teknik penulisan ilmiah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta. Oleh karena itu, disarankan untuk melaksanakan pelatihan serupa dengan fokus pada berbagai aspek penulisan ilmiah untuk mendukung pengembangan kompetensi akademik dan profesional peserta.
Referensi
Islamiyah, M., Hakim, L., Fitria, V. A., & Habibi, A. R. (2023). Pendampingan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di SMKN 2 Turen. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 280–289. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1009
Juniarti, Y. (2017). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189.
Kurniawati, R., Khusaini, K., Latuconsina, H., & Atrisia, M. I. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 6(2), 177–186. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v6i2.1827
Larisu, Z., Sanjaya, F., Sihombing, M., Yahya, M. D., Permana, R. M., & Bakri, A. A. (2023). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Berbantu Aplikasi Mendeley. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6113–6118.
Muhammad Japar, Nadiroh, Hermanto, Dini Nur Fadhillah, K. P. (2023). PENDAMPINGAN Penulisan Karya Ilmiah: Solusi Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru PPKN di DKI Jakarta. 6, 364–368.
Pebriana, P. H., Pahrul, Y., & Mufarizuddin, M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.34
Ridha, Z., Harista, E., Syahfitri, D., Ramayani, N., & Khasanah, B. A. (n.d.). Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Safitri, B. R. A., Pahriah, Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581
Sahudra, T. M., Fadlia, F., & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.121
Sari, A. N., Subanji, S., & Sisworo, S. (2021). Analisis Interaksi Siswa pada Aktivitas Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2636–2651. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.949
Suriyati, S., Anwar, M. R., & Jamaluddin, J. (2023). Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 8–12. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i2.2212
Ulfah, Y. F., Khasanah, U., Fatchurrohman, M., Muslimah, E., & Nurhanifa, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah bagi Guru Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 157–165. https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18480
Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114
Zamzami, Z., Ihsan, M., & Siregar, A. P. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis bagi Pelaku Usaha Batik Jambi pada Masa Covid-19. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.22437/jitdm.v2i1.16419
Keywords | : |
Kata Kunci:
Training Scientific Writing, Writing Skills Karya Tulis Ilmiah, Kemampuan Menulis
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-02
|
Cara Mengutip | : |
Suriyati, S., Jamaluddin, J., Nur, M. J., & Zulfikar, Z. (2024). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PIMPINAN DAN KADER PK IMM FTIK UIAD SINJAI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 202–208. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.1830
|
Terbitan | : |