Group Counseling with Role-Playing Technique to Overcome Bullying Behavior in Elementary School Students

Aisyah Nur Rohmah ( a:1:{s:5:"en_US";s:29:"UIN Raden Mas Said Surakarta ";} )
Faradila Auliya Tama ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta )
Fatimatuz Zahro ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta )
Ilda Duwik Febriyani ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta )
Siti Annisa ( Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta )

Abstract

Perilaku bullying marak terjadi di Indonesia, terutama di tingkat sekolah dasar. Seringkali dianggap sepele, bullying memiliki dampak negatif pada perkembangan psikologis anak, bahkan meninggalkan trauma. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa sekolah dasar. Penelitian pustaka ini bersifat kualitatif menggunakan studi pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis temuan dari penelitian terdahulu yang relevan. Data diperoleh dari jurnal dan artikel yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik role playing terbukti efektif dalam mengurangi perilaku bullying. Kajian enam jurnal di atas menunjukkan hasil analisis bahwa teknik role playing dalam konseling kelompok terbukti efektif dalam mengurangi perilaku bullying. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan role playing terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari pemanasan, pemilihan peran, persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi dan refleksi.

References

Ade Tursina, O., Mahriza, R. and Widya, P. (2022) ‘Dampak Bullying Terhadap Psikososial Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), pp. 115–123.

Artyarini, Oktapiani, E. and Fatimah, S. (2018) ‘Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik MTs’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(3), pp. 94–102. Available at: https://doi.org/10.22460/fokus.v1i3.2758.

Astuti, Sulistiyana, S. (2021) ‘Efektivitas Teknik Role Playing Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Melalui Layanan Konseling Kelompok Siswa SMP Islam Sabilal Muhtadin’, Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 4(3), pp. 194–201.

Atikah, J.F. and Wirastania, A. (2022) ‘Efektivitas Teknik Role playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Surabaya’, Efektor, 9(2), pp. 264–271. Available at: https://doi.org/10.29407/e.v9i2.17824.

Candrawati, R. and Setyawan, A. (2023) ‘Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar’, PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(2), pp. 64–68. Available at: https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.127.

Fatimah, S. (2025) Viral Video Perundungan Anak di Sukabumi, Polisi Selidiki, detik.com. Available at: https://www.detik.com/jabar/hukum-dan-kriminal/d-7871132/viral-video-perundungan-anak-sd-di-sukabumi-polisi-selidiki#goog_rewarded (Accessed: 22 April 2025).

Gunawan, I.M.S. et al. (2024) ‘Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 10 Mataram’, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP), 2(1), pp. 10–15. Available at: https://doi.org/10.61116/jipp.v2i1.282.

Latif, D.A. et al. (2024) ‘Menurunkan Perilaku Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Play Pada Siswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(2), pp. 185–191.

Popytasari, H. (2021) ‘Teknik Role Playing dalam Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Bullying di Sekolah Menengah’, Jurnal Fokus Konseling, 7(2), pp. 76–89. Available at: https://doi.org/10.52657/jfk.v7i2.1425.

Pratiwi, U., Karneli, Y. and Netrawati (2024) ‘Pemahaman Mendasar tentang Konseling

Kelompok bagi Praktisi Bimbingan dan Konseling’, Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN), 2(2), pp. 60–66. Available at: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.

Putra, M. et al. (2022) ‘Pengaruh layanan konseling kelompok (Role Playing) dalam mengatasi bulliying di yayasan penyantun anak yatim piatu’, Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), pp. 270–274.

Putri, I.F., Kasih, F. and Kardo, R. (2024) ‘EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Di SMAN 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat)’, Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5, pp. 174–185. Available at:https://doi.org/https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2629.

Rahman, A. (2019) ‘Pengaruh teknik role playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di smk negeri 1 barru’, Bimbingan dan Konseling, 6(2), pp. 55–65.

Ramadhani, N., Pandang, A. and Buchori, S. (2024) ‘Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas di’, Pinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies, 4(2024), pp. 267–276.

Sawirah, S., Fadhli, T. and Aldina, F. (2024) ‘Konseling Kelompok Dangan Teknik Role Playing Untuk Mengatasi Bullying Siswa SMP’, Jurnal Psiko-Konseling, 2(1).

Suci, F.L.N.W. (2024) ‘Mereduksi Perilaku Bullying Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing di SMP Negeri 48 Surabaya’, Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 2(4), pp. 15–25.

Torang, S. et al. (2024) ‘Upaya Mereduksi Perilaku Bullying Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Mts Negeri 1 Padangsidimpuan’, Jurnal Pendekar Nusantara, 1(3), pp. 7–15. Available at: https://doi.org/10.37776/pend.v1i3.1349.

Yuniati, R.T. (2022) ‘Mengurangi Perilaku Bullying Melalui Metode Role Play Di MTs Negeri 2 Purbalingga’, PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(1), pp. 80–85. Available at: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i1.1054.


Keywords  :  
Keywords: Bullying, Group Conseling, Role Playing, Elementary School Bullying, Konseling Kelompok, Role Playing, Sekolah Dasar
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-30
How to Cite  :  
Aisyah Nur Rohmah, Auliya Tama, F., Zahro, F., Febriyani, I. D., & Annisa, S. (2025). Group Counseling with Role-Playing Technique to Overcome Bullying Behavior in Elementary School Students. Journal of Health Management, Administration and Public Health Policies, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.52060/healthmaps.v3i1.3083
Issue  :