PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI SIDOTENTREM I

Siti Suharti ( a:1:{s:5:"en_US";s:33:"Universitas PGRI Ronggolawe Tuban";} )

Abstrak

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian menghasilkan  produk e-modul berbasis kontekstual untuk mata pelajaran IPAS. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri Sidotentrem I. Model penelitian yang digunakan ADDIE terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga, analisis kevalidan e-modul, analisis keefektifan e-modul, dan analisis kepraktisan e-modul. Instrument  yang digunakan untuk menguji tingkat kevalidan e-modul dengan lembar validasi ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Instrument yang digunakan untuk menguji tingkat keefektifan e-modul dengan menggunakan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan untuk menguji tingkat kepraktisan e-modul dengan menggunakan lembar angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil validasi ahli diperoleh persentase ahli materi 92%, ahli bahasa 85%, dan ahli media 86,66% dengan kategori sangat valid. Hasil tes belajar siswa diperoleh presentase 90,47% dengan kategori efektif. Berdasarkan respon guru dan siswa diperoleh presentase 94% dan 91,16% dengan kategori sangat praktis.

Referensi

Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1793. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14335

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467

Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Caesar, H., & Wiratama, N. A. (2023). Pengembangan Media Peran ( Pop Up Book Peraturan ) Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Sdn Kebomlati Tuban. 1(2), 58–63.

Dismarianti, I., Anggun, D. P., Riswanda, J., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2020). Pengembangan media pembelajaran biologi Berbasis modul elektronik (E- Modul) pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP/MTS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 110–119.

Fatimah, I., & Wiratama, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(18), 1–12.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. 3. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Safitri, E., & Cacik, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i1.2146

Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 186–196. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091

YENTI, I. N. (2016). Pendekatan Kontekstual (Ctl) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Ta’dib, 12(2). https://doi.org/10.31958/jt.v12i2.161


Keywords  :  
Kata Kunci: E-Modul, Contextual Teaching and Learning, IPAS E-Module, Contextual Teaching and Learning, IPAS
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-27
Cara Mengutip  :  
Suharti, S. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI SIDOTENTREM I. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 427–438. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2305
Terbitan  :