PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA AUDIO PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermain peran (role playing) dengan media audio pada pembelajaran IPS tentang seni dan budaya Asean pada siswa kelas V. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data menggunakan metode alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodebermain peran (role playing) dengan media audio pada pembelajaran IPS di kelas v sekolah dasar berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang positif dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi seni dan budaya ASEAN. Setiap kegiatan pasti memiliki kendalanya masing-masing untuk kedepannya bisa ditingkatkan lagi.
Referensi
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41.https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 35–40. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 19(8), 159–170.
Jas, J. Achmad, S., S, & Alvi, R., R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 148–159. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.43318
Khoiro, D. M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3352–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1359
Lestari, P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal Ilmiah Rinjani, 7(2), 98. https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/view/194/149
Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Ятыатат, вы12у(235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
Muhammad Akil Musi, & Widia Winata. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4418
Nafisah, L. A. (2016). Penerapan Metoderole Playing Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Brecong Tahun Ajaran 2015/2016. 4(June), 2016.
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319
Suryam Dora, D. (2017). No Titleافراد سالم. Studies On Variation In Milk Production And It’s Constituents During Different Season, Stage Of Lactation And Parity In Gir Cows M.V.Sc D SURYAM DORA LIVESTOCK, 6–18.
Suparyanto. (2020). Bermain Peran. Suparyanto, 5(3), 248–253.
Keywords | : |
Kata Kunci:
metode bermain peran (role playing), media audio, pembelajaran IPS role playing methods, audio media, social studies learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-08
|
Cara Mengutip | : |
mutiara ratu nirmala, Noviyanti , S., Sayyidatunnisa, Z., & edison , abiy dzaki. (2025). PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA AUDIO PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 575–586. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2084
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|