PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA AUDIO PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

mutiara ratu nirmala ( universitas jambi )
Silvina Noviyanti ( universitas jambi )
Zhafira Sayyidatunnisa ( universitas jambi )
abiy dzaki edison ( universitas jambi )

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermain peran (role playing) dengan media audio pada pembelajaran IPS tentang seni dan budaya Asean pada siswa kelas V. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data menggunakan metode alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodebermain peran (role playing) dengan media audio pada pembelajaran IPS di kelas v sekolah dasar berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang positif dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi seni dan budaya ASEAN. Setiap kegiatan pasti memiliki kendalanya masing-masing untuk kedepannya bisa ditingkatkan lagi.

Biografi Penulis

mutiara ratu nirmala, universitas jambi

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi

Silvina Noviyanti , universitas jambi

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi

Zhafira Sayyidatunnisa, universitas jambi

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi

abiy dzaki edison , universitas jambi

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi

Referensi

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41.https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 35–40. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1150

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 19(8), 159–170.

Jas, J. Achmad, S., S, & Alvi, R., R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 148–159. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.43318

Khoiro, D. M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3352–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1359

Lestari, P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal Ilmiah Rinjani, 7(2), 98. https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/view/194/149

Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Ятыатат, вы12у(235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf

Muhammad Akil Musi, & Widia Winata. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4418

Nafisah, L. A. (2016). Penerapan Metoderole Playing Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Brecong Tahun Ajaran 2015/2016. 4(June), 2016.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319

Suryam Dora, D. (2017). No Titleافراد سالم. Studies On Variation In Milk Production And It’s Constituents During Different Season, Stage Of Lactation And Parity In Gir Cows M.V.Sc D SURYAM DORA LIVESTOCK, 6–18.

Suparyanto. (2020). Bermain Peran. Suparyanto, 5(3), 248–253.


Keywords  :  
Kata Kunci: metode bermain peran (role playing), media audio, pembelajaran IPS role playing methods, audio media, social studies learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-04-08
Cara Mengutip  :  
mutiara ratu nirmala, Noviyanti , S., Sayyidatunnisa, Z., & edison , abiy dzaki. (2025). PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA AUDIO PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 575–586. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2084
Terbitan  :