PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN BUDAYA LOKAL DOMPU BERBASIS GAME
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPAS berbasis Game RPG bermuatan budaya lokal Dompu melalui model pembelajaran Discovery Learning guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VI SDN 5 Woja tahun pelajaran 2025/2026. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan soal post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 4,55 dari validator ahli. Respon siswa terhadap LKPD memperoleh skor rata-rata 4,65 dengan kategori sangat baik, menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata 81 dengan kategori baik, yang mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis, khususnya pada indikator mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, dan menarik kesimpulan logis. Dengan demikian, LKPD IPAS berbasis Game RPG bermuatan budaya lokal Dompu terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta dapat menjadi alternatif inovatif dalam mengintegrasikan nilai budaya lokal dengan pembelajaran abad 21.
Unduhan
Referensi
Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3462–3472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626
Au, C. H., Chou, C.-Y., & Ho, K. K. W. (2024). From a Role-playing Game (RPG) to Abrand: Strategic Implications From an Over-two-decade Case. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 34(3), 190–212. https://doi.org/10.1080/10919392.2024.2340786
Aulia, N., Tahir, M., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis POE (Predict Observe Explain) Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 2 Lendang Kunyit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 647–653. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1294
Dewi, S. Y. S., Karma, I. N., & Hakim, M. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Light Up Cergam Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1961–1968. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5910
Faridah, E. Z., & Pujangga, A. (2024). Model Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Incare : International Journal of Educational Resources, 4(6), 554–566. https://doi.org/10.59689/incare.v4i6.840
Fathirma’ruf, F., & M. Said, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivistik Model Teaching with Analogies (TWA) pada Mata Kuliah Database Management System (DBMS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiwa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5). https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752388
Febriani, S. W., Sandie, S., & Darma, Y. (2023). Game Edukasi Matematika Berbantuan RPG Maker MV Materi Bangun Datar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 172. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9936
Hidayah, Y., & Hamonangan, R. P. (2024). Kesadaran Digital Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 12–23. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1810
Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Putri, M., & Raharjo, M. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Website Liveworksheets dengan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(1), 17–32. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i1.2653
Sintiya Safitri, I., Noviyanti, S., Chan, F., Malika Nurluthvia, K., & Patoman Simatupang, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS Muatan IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 77–81. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.331
Sulasriani, D., Samawi, A., Sunarti, L., & Laksanawati, E. (2023). Penggunaan Lkpd Ipas Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda Peserta Didik Kelas IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5077–5092. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8419
Sulhiah, S. (2019). Pengaruh Metode Discovery terhadap Prestasi Analogi Matematis Peserta Didik SMKN 1 Sakra. FONDATIA, 3(2). https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.350
Trirahayu, S., Egatri, D., Pramudiyanti, P., & Dewi, P. S. (2024). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) IPAS Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1307–1316. https://doi.org/10.54082/jupin.503
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419
Yuliana, R., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran RPG berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 2168–2177. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.834
| Keywords | : |
Kata Kunci:
LKPD, Game RPG, Budaya Lokal Dompu, Discovery Learning, Berpikir Kritis Student Worksheet (LKPD), RPG Game, Dompu Local Culture, Discovery Learning, Critical Thinking
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-11-26
|
| Cara Mengutip | : |
Mahdin, Sasmita, L., Prayudi, A., Nabila, & Dwi Aprilia, S. (2025). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN BUDAYA LOKAL DOMPU BERBASIS GAME . Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 286–293. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3643
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

