PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI TOLERANSI BERAGAMA BERBASIS ANDROID
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran literasi toleransi beragama berbasis Android bagi peserta didik SMP. observasi awal peneliti di SMP Negeri 1 Dompu, ditemukan bahwa peserta didik memiliki keragaman latar belakang, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun agama. Meskipun mayoritas peserta didik beragama Islam, terdapat juga peserta didik beragama non-muslim. Oleh karena itu, pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Dompu dituntut untuk secara konsisten menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Dompu. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan kategori sangat valid, sehingga media dinyatakan layak digunakan. Uji kepraktisan yang melibatkan pendidik dan peserta didik memperoleh kategori sangat praktis, menandakan media mudah digunakan serta bermanfaat dalam pembelajaran. Hasil uji efektivitas melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 17 poin, sehingga media terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terkait literasi toleransi beragama. Respon pendidik dan peserta didik juga sangat positif, di mana pendidik merasa terbantu dalam penyampaian materi dan peserta didik lebih termotivasi serta aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Android ini dapat dijadikan solusi inovatif dalam menanamkan nilai toleransi beragama di sekolah.
Unduhan
Referensi
Ali, J., Annisa, A., Wasid, A., Rahmadani, K., Fricticarani, A., & Dayurni, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android Menggunakan Aplikasi Smart App Creator 3 pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 144–150. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1843
Aluf, W. Al, Bukhori, I., & Bashith, A. (2024). Evaluasi Pembelajaran Moderasi Beragama untuk Mengukur Penguatan Toleransi Peserta didik di MIN 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1623–1634. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.825
Dewi, S., Zamroni, M. A., & Leksono, A. A. (2024). Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran PAI. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahapeserta didikaan, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i1.1558
Fathirma’ruf, F., & M. Said, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivistik Model Teaching with Analogies (TWA) pada Mata Kuliah Database Management System (DBMS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiwa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5). https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752388
Fernanda, A., Retta, A. M., & Isroqmi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Android pada Pembelajaran Matematika SMP. Idependidik: Jurnal Karya Ilmiah Pendidik, 9(3), 1612–1618. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1231
Ghani, M. A., Pohan, A. B., Gunawan, D., & Saputra, Y. (2024). Penerapan Game Edukasi 3D Endless Runner Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 7(1), 288–298. https://doi.org/10.29408/jit.v7i1.24194
Hamid, A., Ritonga, S., & Nst, A. M. (2024). Kearifan Lokal Dalihan Na Tolu sebagai Pilar Toleransi Beragama pada Masyarakat Tapanuli Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 13(1), 132–143. https://doi.org/10.23887/jish.v13i1.74809
Hidayah, Y., & Hamonangan, R. P. (2024). Kesadaran Digital Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 12–23. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1810
Huda, N., & Endah Sri Mulyani, A. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dengan Ispring Suite pada Materi Garis dan Sudut. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 51–66. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4022
Ipansyah, N., Jalaluddin, J., Bahran, B., Sarmadi, A. S., Nadiyah, N., Rusdiyah, R., & Lawang, K. A. (2024). Implementasi Nilai Dakwah Melalui Toleransi Beragama di Pondok Pesantren. At-Ta’dib, 19(1), 71–91. https://doi.org/10.21111/attadib.v19i1.11968
Janah, A. M., Hidayati, A. U., & Maulidin, S. (2025). Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Pembentukan Sikap Toleransi Peserta didik SMK Walisongo Semarang. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 42–50. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i2.4133
Latipah, H., & Nawawi. (2023). Perilaku Intoleransi Beragama dan Budaya Media Sosial: Tinjauan Bimbingan Literasi Media Digital di Masyarakat. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 6(2). https://doi.org/10.24952/bki.v6i1.11322
Palepa, M. J., Pratiwi, N., & Rohmansa, R. Q. (2024). Analisis Sentimen Masyarakat Tentang Pengaruh Politik Identitas Pada Pemilu 2024 Terhadap Toleransi Beragama Menggunakan Metode K - Nearest Neighbor. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 389–401. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4957
Pertiwi, L., & Kharisma, N. V. E. (2022). Eksistensi Pendidikan Toleransi Beragama berbasis Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Era Media 4.0. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 51–68. https://doi.org/10.38075/tp.v16i1.225
Prasetyo, F. Y., Sutarman, & Diwandari, S. (2024). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 935–943. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.565
Purnomo, E. A., & Suparman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Pembelajaran Matematika SD. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 187. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.960
Sukandarman Sukandarman, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Harmoni dalam Keberagaman: Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1870
Supriyaddin, Putra, A., & Prayudi, A. (2023). Literasi Budaya Lokal Bima Dompu (Ismail (ed.)). CV. Sahabat Endo Inti Terpercaya.
Wijaya, A., & Apridiansyah, Y. (2020). Penerapan Algortima Fisher Yates Shuflle pada Media Pembelajaran Mapel Agama Islam berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 6(1). https://doi.org/10.26877/jiu.v6i1.5747
Wulandari, W. A., & Rayungsari, M. (2024). Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Peluang. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.896
Yunus, M. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166–187. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i2.566
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Literasi, Toleransi Beragama, Android, 4-D Learning Media, Literacy, Religious Tolerance, Android, 4-D
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-12-02
|
| Cara Mengutip | : |
Supriyaddin, Idhar, Rahman, A., Prayudi, A., & Juliadin. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI TOLERANSI BERAGAMA BERBASIS ANDROID. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 508–515. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3642
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

