Bahasa Inggris untuk Broadcasting : Materi Pengajaran Need Analisis
Abstrak
Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam industri broadcasting, terutama dalam penguasaan perangkat lunak, istilah teknis, dan keterampilan komunikasi profesional. Namun, di SMKS Islam Andalusia, bahan ajar yang digunakan masih bersifat umum dan belum sepenuhnya relevan dengan kebutuhan spesifik konsentrasi Broadcasting. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan bahan ajar Bahasa Inggris yang sesuai dengan kompetensi broadcasting agar mendukung proses pembelajaran sekaligus mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan guru Bahasa Inggris, guru Broadcasting, dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi tema-tema yang muncul dari data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Bahasa Inggris perlu menitikberatkan pada kosakata teknis yang terkait dengan peralatan praktik broadcasting maupun perangkat lunak yang digunakan, serta keterampilan menulis naskah dan laporan berita, disertai latihan berbicara dalam konteks profesional. Kesimpulannya, bahan ajar yang ada saat ini belum mampu menjawab kebutuhan spesifik siswa. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar berbasis English for Specific Purposes (ESP) sangat diperlukan agar pembelajaran lebih kontekstual, berorientasi vokasional, dan mendukung kesiapan siswa menghadapi tantangan industri broadcasting.
Unduhan
Referensi
Ardiyani, G. (2016). Developing English Instructional Materials for the Eleventh Graders of TV Program and Broadcast Engineering Department at Vocational High School [Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/41037/1/Gesnia%20Ardiyani%20(12202241004).pdf?utm_source=chatgpt.com
Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic analysis: A practical guide. SAGE.https://doi.org/10.53841/bpsqmip.2022.1.33.46
Cahyati, S. S. (2015). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Materi Buku Teks Bahasa Inggris Tingkat SMK. 2(2). https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p209-216.180
Chan, C. S. C. (2021). Helping university students discover their workplace communication needs: An eclectic and interdisciplinary approach to facilitating on-the-job learning of workplace communication. English for Specific Purposes, 64, 55–71. https://doi.org/10.1016/j.esp.2021.07.002
Creswell, J. W. (2012). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3. ed., [Nachdr.]). SAGE Publ.
Dudley-Evans, T., & Saint John, M.-J. (2003). Developments in ESP: A multi-disciplinary approach (5. print). Cambridge Univ. Press.
Fadlia, F., Asra, S., Zulida, E., & Santosa, M. H. (2022). Developing ESP based-digital learning materials support students’ needs at Indonesian vocational schools: Perceived quality. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 10(1), 40. https://doi.org/10.22373/ej.v10i1.12166
Fajriati Astuti, Riviyanti, & Azwar Abbas. (2024). Utilizing Digital Technology to Improve English Language Skills of the Vocational Students. Global Synthesis in Education Journal, 1(3), 44–49. https://doi.org/10.61667/kzvzsx05
Hamid, S. F., Forsia, L., & Isnaniah, I. (2024). Beyond the classroom: Fostering English communication skills in vocational education through podcasting and radio broadcasting. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 317–330. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21688
Harun, L. B., Munir, H., Amin, A., & Astika, S. (2025). Pengembangan Bahan Ajar ESP Berbasis Student-Centered Learning untuk Jurusan Teknik. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(8), 3264–3273. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i8.32435
Kamaruddin, A., Fitria, N., & Patmasari, A. (2021). Needs analysis-based ESP course design for vocational high school students. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2), 222–231. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17591
Lestari, I. (2019). Need Analysis of English for Specific Purposes at Vocational School [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3616
Santika, S., Wirza, Y., & Emilia, E. (2022). A Needs Analysis for ESP in A Multimedia Study Programme of A Vocational High SchooL. International Journal of Education, 15(1), 61–68. https://doi.org/10.17509/ije.v15i1.46156
| Keywords | : |
Kata Kunci:
analisis kebutuhan, bahan ajar, broadcasting, ESP, SMK Need analysis, Teaching material, Broadcasting, ESP, Vocational High School
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-12-04
|
| Cara Mengutip | : |
Masitoh, Oktavia, D., & Trisnawati, W. (2025). Bahasa Inggris untuk Broadcasting : Materi Pengajaran Need Analisis . Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 533–539. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3640
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

