PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN
Abstrak
Kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu tantangan yang dihadapi guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva dan Quizizz guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI TKJ di SMKN 8 Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation Tahap Analysis mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru terhadap media interaktif. Pada tahap Design, dirancang prototipe media menggunakan Canva untuk presentasi visual menarik dan Quizizz untuk evaluasi berbasis game. Tahap Development melibatkan validator ahli media, materi, soal, dan angket motivasi belajar, sebelum diujicobakan. Hasil validator para ahli memberikan hasil dengan rata-rata persentase 91,47% dan hasil evaluasi menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan partisipasi dan antusiasme siswa, dengan persentase motivasi belajar meningkat dari 49,8% (pra-intervensi) menjadi 84,6% pasca-intervensi. Temuan ini membuktikan bahwa integrasi Canva dan Quizizz dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran PAI, sekaligus menawarkan model pengembangan media yang adaptif bagi pendidik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan teknologi digital berbasis gamifikasi untuk mata pelajaran lain guna menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Unduhan
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Canva dan Quizizz, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Learning Media, Canva and Quizizz,, Learning Motivation, Islamic Religious Education
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-12-02
|
| Cara Mengutip | : |
Ahmat, N., Jennah, R., & Gofur, A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 480–494. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3612
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

