EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TRAINER KIT INSTALASI MOTOR LISTRIK

Frida Hasana ( Universitas Jayabaya, Indonesia )
Novriyanti ( Universitas Jayabaya, Indonesia )
Aqil Aqthobirrobbany ( Universitas Jayabaya, Indonesia )
Dewi Triantini ( Universitas Makasar, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit dengan yang tidak menggunakannnya. Hasil belajar tersebut dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan trainer kit ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian dianalisis menggunakan Uji T dan Uji Gain dengan nilai signifikansinya sebesar 0,05. Setelah dilakukan analisis, Uji T menunjukan bahwa nilai signifikansi aspek kognitif (0,002 < 0,05), nilai signifikansi aspek afektif (0,004 < 0,05), dan signifikansi aspek psikomotor (0,00 < 0,05). Sedangkan hasil rata-rata Uji Gain menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (0,566 > 0,280). Data tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan trainer kit lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti, Ed.; 3 ed.). Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. Wahana Inovasi, 6 No. 1, 97–105. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Kemendikbud. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Caremedia Communication.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran.

Nurdyansyah, N., & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem.

Pangumbahas, N., Tumangkeng, J. V., & Tulandi, A. D. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Media Presentasi pada Materi Gerak Parabola. 4(1), 70–75. https://doi.org/10.53682/charmsains.v4i2.249

Rahmadiyah, I. P., & Sondang, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Digital untuk Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Saputra, H. (2020). “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).”

Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.


Keywords  :  
Kata Kunci: quasi experiment, problem-based learning, Trainer KIT experiments, problem-based learning, Trainer KIT
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-29
Cara Mengutip  :  
Hasana, F., Novriyanti, Aqthobirrobbany, A., & Triantini , D. (2025). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TRAINER KIT INSTALASI MOTOR LISTRIK. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 404–411. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3460
Terbitan  :