PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP
Abstrak
Kemampuan Scientific Reasoning siswa di Indonesia tergolong rendah karena kurangnya pemahaman terhadap materi dan konsep pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan sistem pembelajaran yang menarik dan didukung oleh media yang efektif dalam menyampaikan pesan dan tujuan pembelajaran, sehingga memudahkan guru dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan e-modul interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif untuk meningkatkan kemampuan Scientific Reasoning pada pembelajaran IPA SMP. E-modul interaktif ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan persentase validitas sebesar 92,62% (sangat valid), kepraktisan sebesar 89,51% (praktis), dan N-gain sebesar 0,59 (sedang), sedangkan respon siswa mencapai 87,18% (sangat baik). E-modul interaktif memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan karena disusun secara sistematis dan mencakup semua indikator kemampuan Scientific Reasoning. Dengan demikian, e-modul interaktif layak untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Scientific Reasoning siswa SMP.
Unduhan
Referensi
Amira, F., Putra, P. D. A., & Nuha, U. (2024). Pengembangan LMS Berbasis Moodle Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1133–1142. https://doi.org/10.29100/.v6i3.5122
Anisa, A., Jasiah, J., & Sulistyowati, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa SD/MI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4332–4340. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7676
Antika, I. A., S Supeno, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning Disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran IPA Terhadap Scientific Reasoning Skills Siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 97–104. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.226
Astutik, W. A., Supeno, S., Wicaksono, I., & Prasetiyaningsih, A. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(3), 253–263.
Azmi, D. T. U., Astutik, S., & Subiki, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (CC) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(01), 1–11. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1833-1843
Bagus, D. E. P., Rusdianto, R., & Supeno, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 306–314. doi: https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.893
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran , 4(3), 433–441. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2236
Fadlilah, D. R., Fauziah, A. S., & Miranto, S. (2024). Survei tingkat penalaran ilmiah peserta didik se-SMA Negeri Tangerang Selatan. Academy of Education Journal, 15(1), 516–522.
Junia, N. M. I., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243
Mulyana, T. D., Wahyuni*, S., & Rusdianto, R. (2023). Development of Powtoon-Based Animated Videos to Improve Critical Thinking Skills Middel School Students In Science Learning. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 7(2), 145–155. https://doi.org/10.24815/jipi.v7i2.30066
Purwaningrum, N. A., & Fauziah, H. N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Socioscientific Issue Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Peserta Didik Di MTs Negeri 7 Madiun. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 45–62. https://doi.org/10.22373/lj.v8i1.6306
Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262
Ristia, H. P., Nuha, U., & Supeno, S. (2023). Model Learning Cycle 5E Berbantuan LKPD Berbasis Three-Dimensional Thinking Graph dan Pengaruhnya Terhadap Scientific Reasoning Pada Siswa SMP. Jurnal Paedagogy, 10(3), 703–713. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7283
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wardani, I. U., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Penerapan Model PBL Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Scientific Reasoning Siswa Sekolah Dasar. Kappa Journal, 6(2). https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.7640
Wulandari, T., Supeno, S., & Diah Wahyuni. (2024). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Disertai LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMP. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p1-11
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Pengembangan, E-Modul Interaktif, Kemampuan Penalaran Ilmiah Development, Interactive E-Modules, Scientific Reasoning Ability
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-11-27
|
| Cara Mengutip | : |
Ayu Nurjannah, Rusdianto, & Nuha, U. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 294–302. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3399
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

