PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP

Ayu Nurjannah ( Universitas Jember, Indonesia )
Rusdianto ( Universitas Jember, Indonesia )
Ulin Nuha ( Universtas Jember, Indonesia )

Abstrak

Kemampuan Scientific Reasoning siswa di Indonesia tergolong rendah karena kurangnya pemahaman terhadap materi dan konsep pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan sistem pembelajaran yang menarik dan didukung oleh media yang efektif dalam menyampaikan pesan dan tujuan pembelajaran, sehingga memudahkan guru dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan e-modul interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif untuk meningkatkan kemampuan Scientific Reasoning pada pembelajaran IPA SMP. E-modul interaktif ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan persentase validitas sebesar 92,62% (sangat valid), kepraktisan sebesar 89,51% (praktis), dan N-gain sebesar 0,59 (sedang), sedangkan respon siswa mencapai 87,18% (sangat baik). E-modul interaktif memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan karena disusun secara sistematis dan mencakup semua indikator kemampuan Scientific Reasoning. Dengan demikian, e-modul interaktif layak untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Scientific Reasoning siswa SMP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amira, F., Putra, P. D. A., & Nuha, U. (2024). Pengembangan LMS Berbasis Moodle Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1133–1142. https://doi.org/10.29100/.v6i3.5122

Anisa, A., Jasiah, J., & Sulistyowati, S. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa SD/MI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4332–4340. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7676

Antika, I. A., S Supeno, & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning Disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran IPA Terhadap Scientific Reasoning Skills Siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 97–104. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.226

Astutik, W. A., Supeno, S., Wicaksono, I., & Prasetiyaningsih, A. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(3), 253–263.

Azmi, D. T. U., Astutik, S., & Subiki, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (CC) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(01), 1–11. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1833-1843

Bagus, D. E. P., Rusdianto, R., & Supeno, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 306–314. doi: https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.893

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran , 4(3), 433–441. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2236

Fadlilah, D. R., Fauziah, A. S., & Miranto, S. (2024). Survei tingkat penalaran ilmiah peserta didik se-SMA Negeri Tangerang Selatan. Academy of Education Journal, 15(1), 516–522.

Junia, N. M. I., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243

Mulyana, T. D., Wahyuni*, S., & Rusdianto, R. (2023). Development of Powtoon-Based Animated Videos to Improve Critical Thinking Skills Middel School Students In Science Learning. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 7(2), 145–155. https://doi.org/10.24815/jipi.v7i2.30066

Purwaningrum, N. A., & Fauziah, H. N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Socioscientific Issue Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Peserta Didik Di MTs Negeri 7 Madiun. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 45–62. https://doi.org/10.22373/lj.v8i1.6306

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262

Ristia, H. P., Nuha, U., & Supeno, S. (2023). Model Learning Cycle 5E Berbantuan LKPD Berbasis Three-Dimensional Thinking Graph dan Pengaruhnya Terhadap Scientific Reasoning Pada Siswa SMP. Jurnal Paedagogy, 10(3), 703–713. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7283

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wardani, I. U., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Penerapan Model PBL Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Scientific Reasoning Siswa Sekolah Dasar. Kappa Journal, 6(2). https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.7640

Wulandari, T., Supeno, S., & Diah Wahyuni. (2024). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Disertai LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMP. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p1-11


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul Interaktif, Kemampuan Penalaran Ilmiah Development, Interactive E-Modules, Scientific Reasoning Ability
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-27
Cara Mengutip  :  
Ayu Nurjannah, Rusdianto, & Nuha, U. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 294–302. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.3399
Terbitan  :