STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAK MULIA

Hafiq S ( Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin, Jambi, Indonesia )
Yulia Oktarina ( Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin, Jambi, Indonesia )
Dewi Hasanah ( Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin, Jambi, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang menjadi perhatian terkait dengan pembinaan akhlak mulia pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengembangkan akhlak mulia Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Batang Hari. Subjek penelitian ini, yaitu kepala sekolah, wali kelas, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti, serta siswa di SMPN 14 Batang Hari. Instrumen penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) adapun gambaran akhlak mazmumah pada peserta didik di SMPN 14 Batang hari, yaitu mengolok-olok (Mann), dusta, ingkar janji (Khianat/ghadar), dan egoistik. (2) strategi Guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengatasi akhlak mazmumah, yaitu keteladanan, pembiasaan, nasihat, dan hukuman. (3) faktor pendukung Guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengatasi akhlak mazmumah, yaitu adanya dukungan pihak sekolah, kemampuan komunikasi yang baik, tersedianya materi ajar yang relevan untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Selanjutnya, faktor penghambatnya, yaitu terbatasnya waktu pembelajaran, kurangnya dukungan dari orang tua, pengaruh lingkungan pertemanan di luar sekolah, dan belum optimalnya fasilitas dan sarana pendukung pembentukan karakter siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitan Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher).

Fadhillah, ZN. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang.” JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam 1(1). https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fiske, S. 2018. Social Cognition: Selected Works of Susan Fiske. Routledge: Social cognition. https://doi.org/10.4324/9781315187280

Hidayati, N. 2019. Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Jannah, Miftahul. 2019. “Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Diterapkan di SDTQ-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(1):77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178

RI, Departemen Agama. 2002. “Al-Quran Dan Terjemahanya.”

Ristekdikti, Permen. 2015. “Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.” (1952):59–77.

Sari, H., and D. Sugiarto. 2021. “Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Akhlak Remaja Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16(1).

Setiawati, S. 2019. “Pembinaan Akhlak Remaja Di Desa Pematang Lalang Kec. Percut Sei Tuan.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sofa, Ainur Rofiq, Universitas Islam, Zainul Hasan, and Genggong Probolinggo. 2025. “Kejujuran Dalam Perspektif Pendidikan Islam : Nilai Fundamental , Strategi Implementasi , Dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Karakter Santri Di Pesantren Utama Dalam Membentuk Karakter Individu . Dalam Kehidupan Sehari-Hari , Kejujuran Memiliki Pembentuka.” (1).

Subasman, Iman, and Faat Nasyiruddin. 2024. “Sistem Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter: Evaluasi Program Ajengan Masuk Sekolah Di Pangandaran.” Journal on Education 6(4):18147–60. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5732

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Syahri, Ahmad. 2019. Pendidikan Berbasis Karakter Sistem Pesantren. Malang: CV Literasi Nusantara.

Syahruddin, Syahruddin, Mohd Faiz Mohd Yaakob, Abdul Rasyad, Arif Wahyu Widodo, Sukendro Sukendro, Suwardi Suwardi, Ahmad Lani, Liliana Puspa Sari, Mansur Mansur, Razali Razali, and Asry Syam. 2021. “Students’ Acceptance to Distance Learning during Covid-19: The Role of Geographical Areas among Indonesian Sports Science Students.” Heliyon 7(9):e08043. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08043

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. 2003. Tentang SISDIKNAS Beserta Penjelasannya. Bandung: Citra Umbara.


Keywords  :  
Kata Kunci: Akhlak Mazmummah, strateg guru PAI dan Budi Pekerti, Akhlak Mulia Psalmmah Morals, PAI teacher strategies and Characteristics, Noble Morals
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-12-01
Cara Mengutip  :  
S, H., Oktarina, Y., & Hasanah, D. (2025). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAK MULIA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(2), 445–452. https://doi.org/10.52060/mp.v10i2.2989
Terbitan  :