PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENGATASI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstrak
Perundungan di sekolah, khususnya di tingkat SMP, merupakan isu serius yang dapat merusak kesehatan mental dan sosial siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang tidak aman. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan strategi efektif, seperti Game edukasi, untuk mengedukasi siswa tentang dampak perundungan dan menciptakan lingkungan belajar yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, desain, pengembangan, dan kelayakan Game edukasi untuk siswa SMP. Metode yang digunakan adalah Research and Development, dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Pengembangan Game mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan validasi ahli materi dan media serta uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game edukasi memiliki kelayakan tinggi: validasi ahli materi 98%, ahli media 90%, respon pendidik 99%, dan uji coba lapangan 87%. Game edukasi juga mendapat nilai 85% pada aspek kemenarikan, yang menunjukkan bahwa Game ini menarik bagi siswa. Berdasarkan hasil ini, Game edukasi terbukti layak digunakan sebagai solusi untuk mengatasi perundungan di SMP, sekaligus menjadi media layanan yang efektif dan menarik untuk siswa.
Unduhan
Referensi
Aini, K., & Rini, H. P. (2023). Program Pelatihan Empati Sebagai Strategi Mengurangi Perilaku Bullying pada Remaja. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2667–2684. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.588
Al Hamid, S., & Mokoginta, S. (2023). Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jambura Journal of Community Empowerment, 403–414. https://doi.org/10.37411/jjce.v4i2.2841
Arfa, T. N. P., Jannah, M., & Arusman. (2023). Development of video learning based on blender software in high school. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin (Multidiciplinary Research), 6(2), 147–157.https://doi.org/10.52626/jg.v6i2.248
Arinata, F. S., Mulawarman, M., Mulyani, P. K., Awalya, A., Wasono, A., Kurniawati, E., & Mubarak, M. A. (2024). Dampak Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar: Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 10(2), 356. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i2.17540
Elvira, F., Hamid, S., & Burhan, B. (2024). Pendidikan Karakter Bersahabat, Komunikatif Dan Antisipasi Perilaku Perundungan Di Sekolah Dasar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 294–303. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4455
Fajrin, N. M., & Christiana, E. (2020). Teknik Reframing untuk Meningkatkan Percaya Diri Korban Perundungan Verbal di Sekolah Dasar.
Habibi, A., Riady, Y., Samed Al-Adwan, A., & Awni Albelbisi, N. (2023). Beliefs and Knowledge for Pre-Service Teachers’ Technology Integration during Teaching Practice: An Extended Theory of Planned Behavior. Computers in the Schools, 40(2), 107–132. https://doi.org/10.1080/07380569.2022.2124752
Halim, St. N. H., S, M. W. E., Nurmalasari, N., Irmayanti, L., Insan, N., Syam, N., Mansur, N. A., Misra, M., Songko’, N., Pajeriya, N., & Uyun, J. (2024). Program Edukasi Gerakan Stop Anti Bullying dalam Syariah Islam dan Toleransi Antar Pelajar (Gasing Star). Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4). https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.975
Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2021). Perilaku Perundungan (Bullying) Dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.140
Maulidya, D. S., Prameswari, Y., & Sinaga, E. B. (2024). Seminar Nasional LPPM UMMAT Be Cool Kids, Say No to Bullying : Psikoedukasi Anti Perundungan bagi Anak Sekolah Dasar.
Nugroho, M. Y. (2023). Strategi Intervensi Konseling Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Menumbuhkan Pemahaman Akan Bahaya Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa SDN 3 Gunungwetan.
Sofyan, S., Habibi, A., Sofwan, M., Yaakob, M. F. M., Alqahtani, T. M., Jamila, A., & Wijaya, T. T. (2023). TPACK–UotI: the validation of an assessment instrument for elementary school teachers. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 55. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01533-0
Widiyanto, H., Hikmah, R., Qoriatul Habibah, F., & Fauzi, I. (2023). Sinegritas Orang Tua dan Guru untuk Menghindari Perilaku Bullying di MI/SD. PROMOTOR, 6(1), 11–15. https://doi.org/10.32832/pro.v6i1.90
Wulandari, B. A., Norawati, R., Anastasia, I., Ridha, A., & Heryanti, R. (2021). Penggunaan Portofolio Digital Untuk Mendorong Pembelajaran Refleksi dan Mandiri.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Pengembangan, game edukasi, Perundungan; Development, game, Bullying
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-06-03
|
| Cara Mengutip | : |
Pratiwi, R. D., Ayu Wulandari, B., & Habibi, A. (2025). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENGATASI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 99–106. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2783
|
| Terbitan | : |

.png)



.png)

.png)
.png)
.png)


_SCCC.png)

