HAKIKAT PENDIDIKAN INKLUISI ANAK USIA DINI (PAUD)

hapindo muliya putra ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"universitas muhammadiyah muara bungo";} )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )
indah desrianda ( universitas muhammadiyah muara bungo )
serli afri antika ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hakikat pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai fondasi utama dalam perkembangan anak yang meliputi aspek fisik, kognitif, sosial, emosional, dan moral, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data sekunder diperoleh dari berbagai sumber terpercaya, seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen resmi. Analisis data dilakukan melalui teknik Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD berperan penting dalam memberikan rangsangan sesuai tahap perkembangan anak, mempersiapkan mereka untuk pendidikan formal, serta membentuk karakter dan keterampilan hidup esensial. Pendidikan anak usia dini yang berkualitas mampu menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas, dan motivasi belajar yang berkelanjutan, sehingga menjadi investasi strategis bagi keberhasilan individu dan kemajuan bangsa.

Referensi

Afifah, E. N. (2023). Tantangan dan Permasalahan Pendidikan Tingkat TK RA dan PAUD di Indonesia. Klik Pendidikan. https://www.klikpendidikan.id/pendidikan/3589745622/tantangan-dan-permasalahan-pendidikan-tingkat-tk-ra-dan-paud-di-indonesia#google_vignette

Alminatin, S. (2021). Implementasi Permainan Shorting Shapes Untuk Mengembangkan Kemampuan Geometri Anak. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11–12.

Buleleng. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini. Kecamatan Buleleng. https://buleleng.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/18-perkembangan-anak-usia-dini

Disdikpora. (2024). Pentingnya Pendidikan Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga. https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pentingnya-pendidikan-usia-dini-bagi-tumbuh-kembang-anak-39

Ediyanto, Sunandar, A., Hastuti, W. D., & Ramadhani, R. S. (2021). Landan dan Konsep Pendidikan Inklusi. Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom.

Fauziani, D. A. (2024). Berbagai Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia Halaman. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/dwiaflahaf/65f8032c1470937ac3516e02/berbagai-permasalahan-pendidikan-anak-usia-dini-di-indonesia

Jateng, P. (2015). Prinsip Prinsip Pembelajaran PAUD ( Anak Usia Dini ). PAUD Jateng. https://www.paud.id/prinsip-prinsip-pembelajaran-paud-anak-usia-dini/

Opan Arifuddin, Imanuddin Hasbi, E. a. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak usia Dini. In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Saepudin, A. (2013). Problematika Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.1071

Salsabila Nuril Jaoza, A. S. K. S. (2024). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang Anak. GLORY (Global Leadership Organizational Research in Management), 2(2), 1–9. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106

Samsudin, M. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 162–186. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.38

Santika. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 21(1), 1–17. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.704.2020

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yulianti, C. (2023). Bappenas Bicara 3 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. DetikNews. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7040501/bappenas-bicara-3-alasan-pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini


Keywords  :  
Kata Kunci: early childhood education, child development, PAUD Principles pendidikan anak usia dini (PAUD), perkembangan anak, prinsip PAUD
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-09-25
Cara Mengutip  :  
muliya putra, hapindo, Andriani, O., desrianda, indah, & antika, serli afri. (2024). HAKIKAT PENDIDIKAN INKLUISI ANAK USIA DINI (PAUD). Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i1.2923 (Original work published 18 April 2025)
Terbitan  :