PENERAPAN MEDIA POJOK BACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN LITERASI SISWA
Abstrak
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya Literasi pada siswa kelas III SDN Sungguminasa V. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, Tujuan peneliti ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan media pojok baca melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman literasi siswa kelas III di SDN Sungguminasa V. Jenis penelitian adalah tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang terdiri dari 32 peserta didik, 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 4 Tahap taitu perencanaan, Tindakan,Observasi, dan Refleksi dan terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penerapan media pojok baca dilakukan dengan beberapa Langkah-langkah, Sehingga dapat meningkatkan pemahaman literasi siswa kelas III SDN Sungguminasa V. Hal ini menunjukkan kemampuan pemahaman literasi siklus 1 terdapat peningkatan yaitu sebesar 73% dan pada siklus 2 sebesar 87,5%. Peningkatan ini terlihat dari hasil tes yang menunjukkan rata-rata skor siswa meningkat setelah dilaksanakan intervensi media pojok baca. Selain itu, siswa juga menunjukkan minat yang lebih besar dalam membaca tentang bacaan mereka. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pojok baca melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman literasi siswa Kelas III SD Negeri Sungguminasa V.
Referensi
Astiti, A. D., Rashid, S., Murni, Y., Chaniago, M. A., & Irfandi, M. (2024). Enhancing Elementary School Students’ Motivation to Learn Natural Science (IPA) through the Science, Environment, Technology, and Society (SALINGTEMAS) Learning Model. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.58740/vocational.v1i1.248
Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1913
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.
Fitria, D., Sabir, A., Aldino, & Ridoh, A. (2024). Application of Group Investigation Model to Improve Students’ Social Studies Learning Outcomes. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 24–32. https://doi.org/10.58740/vocational.v1i1.252
Guswita, R. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL VISUAL, AUDITORY, READ WRITE, KINESTHETIC DI KELAS II SD N 82/II DUSUN PANJANG. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi,61 https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.907
Hakiki, M., Fadli, R., Sabir, A., Prihatmojo, A., Hidayah, Y., & Irwandi. (2024). The Impact of Blockchain Technology Effectiveness in Indonesia’s Learning System. International Journal of Online and Biomedical Engineering (iJOE), 20(07), pp. 4–17. https://doi.org/10.3991/ijoe.v20i07.47675
Hakiki, M., Halomoan, Fadli, R., Hidayah, Y., Zunarti, R., & Yanti, V. Y. (2024). CT-Mobile: Enhancing Computational Thinking via Android Graphic Design App. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 18(13), pp. 4–19. https://doi.org/10.3991/ijim.v18i13.47711
Hakiki, M., Budiman, R. D. A., Firdaus, M., & Astiti, A. D. (2023). THE INFLUENCE OF INTERNSHIP EXPERIENCE AND CAREER GUIDANCE ON STUDENT WORK READINESS: A QUANTITATIVE DESCRIPTIVE RESEARCH STUDY. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 123–133. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1398
Maharinda, E. (2023). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SDN Sidokumpul Sidoarjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3489-3496. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.698
Morrow, L. M. (1982). Relationships between literature programs, library corner designs, and children’s use of literature. The Journal of Educational Research, 75(6), 339-344.
Nandasari, S. P. (2017). Implementasi literasi media dalam mengembangkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Kediri.
Nilalohita, C. S. Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter Siswa (Analisis Deskriptif pada Siswa Kelas Rendah MI Pembangunan UIN Jakarta).
Nugroho, A. H., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi gemar membaca melalui program pojok baca dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, 5(2), 187-206.
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333-9343.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Novalia, R. J., Guswita, R., & Prahagia, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Model Scaffolded Writing Pada Siswa Kelas V Sdn 118/Ii Candi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1),5259. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.754
Murtiyani, T., Muhtaj, M., Salsabila, N. F., Kurnianto, W. A., Kurniawan, Y., & Mualiyah, S. (2024). The Impact of Using Monopoly Game as Learning Media to Increase Motivation on Earth and Solar System Materials. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.58740/vocational.v1i1.251
Ulfa, M., Yusuf, P. N. Y., & Sirait, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa melalui Media Big Book. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.862
Yassin, A., & Bashir, A. (2024). Student Satisfaction with The Use of Chat-GPT as A Learning Resource. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58740/vocational.v1i1.247
| Keywords | : | |
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2024-11-18
|
| Cara Mengutip | : | |
| Terbitan | : |












_SCCC.png)
