HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nurwaddah ( Universitas PGRI Sumatera Barat )
Adlia Alfiriani ( Universitas PGRI Sumatera Barat )
Rini Novita ( Universitas PGRI Sumatera Barat )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi mengetahui hubungan minat belajar dan pemanfataan sarana prasarana laboratorium terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Ampek Angkek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, jumlah sampel dalam penelitian diambil secara acak yang berjumlah 47 siswa. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial bahwasanya minat belajar diperoleh t-hitung sebesar 3.418>t-tabel sebesar 1.678 berarti memiliki hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar, pemanfaatan sarana prasarana laboratorium diperoleh t-hitung sebesar 3.148>t-tabel sebesar 1.678 berarti memiliki hubungan yang signifikan antara sarana prasarana laboratorium terhadap hasil belajar siswa. Sementara secara simultan minat belajar dan sarana prasarana laboratorium menunjukkan bahwa nilai fhitung sebesar 24.156 >f-tabel 3.21 dan nilai signifikan 0.000<0.05 berarti memiliki hubungan yang signifikan antara minat belajar dan pemanfaatan sarana prasarana laboratorium terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan pemanfaatan sarana prasarana laboratorium memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Ampek Angkek, semakin tinggi minat belajar dan semakin maksimal pemanfaatan sarana prasarana laboratorium mka semakin tinggi hasil belajar.

Referensi

Atiqoh, A. N., Alfiriani, A., & Novita, R. (2023). ANALISIS PENERIMAAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI UJIAN ONLINE BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 134–150. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1369

Asep Abdul Aziz. (2020). Model Analisis Kebijakan Pendidikan Asep. 4(2), 192–201.

Astiti, A. D., Rashid, S., Murni, Y., Chaniago, M. A., & Irfandi, M. (2024). Enhancing Elementary School Students’ Motivation to Learn Natural Science (IPA) through the Science, Environment, Technology, and Society (SALINGTEMAS) Learning Model. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.58740/vocational.v1i1.248

Fadli, R., Hakiki, M., Rahayu, S., & Astriyani, S. (2020). VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 9–15. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2020). PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.303

Hakiki, M., Budiman, R. D. A., Firdaus, M., & Astiti, A. D. (2023). THE INFLUENCE OF INTERNSHIP EXPERIENCE AND CAREER GUIDANCE ON STUDENT WORK READINESS: A QUANTITATIVE DESCRIPTIVE RESEARCH STUDY. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 123–133. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1398

Handika Asep Kurniawan, & Sunaryo Soenarto. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komposisi Foto Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 2(1), 80–89. https://doi.org/10.55606/jitek.v2i1.212

Harsinki, F., & Jaya, P. (2019). Kontribusi Minat Belajar Dan Optimalisasi Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Produktif. Ranah Research, 1(4), 1058–1065. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/171/171

Jama Hendra, R., Elin Yuspita, Y., Darmawati, G., & Annas, F. (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN KINEMASTER. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 126–134. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1917

Miftah, M. A. H., Zuhda Bahtiar, F., & Burhan, N. (2024). KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYELSAIKAN PERMASALAHAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 191–198. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1943

Napitupulu, B., & Munthe, D. R. S. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 8(3), 1–6. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/171

Noer, M. Z., & Ramadhan, A. (2019). Sub Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Mjps 3 Kota Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 41–50. http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v7i1.397

Nur Aedi. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Septi (p. 6). Gosyen Publishing.

Rohmi, A., & Faiza, D. (2019). Kontribusi Minat Belajar Dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 158. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105537

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6, 228–234. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21799

Syaiful Zuhri Harahap, R. N. (2023). Kontribusi Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pemograman Dasar Kelas XI Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK. 17–28. Journal of Computer Science and Information Systems (JCoInS) Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu Volume: 4, Nomor: 1, Februari 2023, Pages. 17-28 e-ISSN: 2747-2221. https://doi.org/10.36987/jcoins.v4i1.4049

Salem, J. A. M., Paat, W. R. L., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1172

Sudijono, A. (2009). Pengantar statistik pendidikan edisi I. Jakarta: Rajawali Pers.

Qodariyah, N. A., Prihandono, T., & Bektiarso, S. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN: STUDI PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 24–36. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1701

Wahyuni, N., & Mutohhari, F. (2024). ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN HIJAU PADA GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 161–172. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1930

Wulandari. (2021). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86

Yassin, A., & Bashir, A. (2024). Student Satisfaction with The Use of Chat-GPT as A Learning Resource. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58740/vocational.v1i1.247


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-11-11
Cara Mengutip  :  
Terbitan  :