ANALISIS ASPEK PEMASARAN, ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI, DAN ASPEK PASAR PADA UMKM DI KOTA SAMARINDA

Eny Lathifa Qumairo ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Selviana Nurhalizah ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Ayu Maharani ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Regina Syavitri ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Farah Damayanti ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan usaha UMKM Kang Cetak di Kota Samarinda berdasarkan aspek pemasaran, teknik dan teknologi, serta pasar konsumen dan produsen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek pemasaran, produk Kang Cetak beragam dan sesuai kebutuhan konsumen, namun promosi masih terbatas pada media sosial dan rekomendasi pelanggan. Dari sisi teknik dan teknologi, sarana produksi cukup memadai tetapi diperlukan peningkatan efisiensi ruang kerja serta digitalisasi proses bisnis. Dari aspek pasar, UMKM ini memiliki cakupan konsumen luas seperti pelajar, mahasiswa, dan lembaga, serta peluang pasar yang menjanjikan. Penelitian menyarankan agar Kang Cetak meningkatkan strategi pemasaran digital dan mengoptimalkan penggunaan teknologi agar lebih kompetitif di pasar layanan cetak digital.

References

Anggraeni, F. D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha "Emping Jagung" Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang) (Nomor 6) [Journal:eArticle, Brawijaya University]. https://www.neliti.com/publications/75851/

Arifah, I. D. C., Wijaya, M. I., & Sholihah, S. M. (2022). Job Replacement Artifical Intelligence Di Industri Jasa: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Ilmu Manajemen, 911–929. https://doi.org/10.26740/jim.v10n3.p911-929

Ayustia, R., Nadapdap, J. P., & Salfarini, E. M. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Bumi Sebalo Melalui Metode Score Plus. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 257–267. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2385

Haratua, C. S., Warti, W., Widiantari, K., Nuraeni, S., & Nuroniah, P. N. (2024). Studi Literatur: Eksplorasi Inovasi Produk UMKM dan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 16(2), 328–336. https://doi.org/10.37304/jpips.v16i2.18583

Irsan, I., & Permana, K. W. A. (2021). Pengaruh Aspek Pemasaran, Aspek Teknik, Dan Aspek Keuangan Studi Kelayakan Bisnis Terhadap Pendapatan Peternak Walet Di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. FORBISWIRA (Forum Bisnis Dan Kewirausahaan) - SINTA 4, 10(2), 89–105. https://doi.org/10.35957/forbiswira.v10i2.800

Kadin. (2023). UMKM Indonesia. KADIN Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Novitasari, A. T. (2022). Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=cXJNEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Sektor+ini+berkontribusi+sebesar+60,5+persen+terhadap+Produk+Domestik+Bruto+(PDB)+dan+menyerap+hingga+96,9+persen+dari+total+tenaga+kerja+nasional&ots=PWi-tjItTs&sig=5cb1GHVCexIdbQevMJh7Lhd3vAA https://doi.org/10.20527/ecoplan.v5i1.271

Ondang, C., Singkoh, F., & Kumayas, N. (2019). Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi Di Dinas Koperasi Dan Ukm). Jurnal Eksekutif, 3(3), Article 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/25488

Sastradinata, B. L. N. (2024). Strategi UMKM dan bisnis kreatif. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=YJz7EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Di+era+globalisasi+dan+perkembangan+teknologi+yang+pesat,+sektor+Usaha+Mikro,+Kecil,+dan+Menengah+(UMKM)+memegang+peran+vital+dalam+mendukung+pertumbuhan+ekonomi+nasional,+khususnya+dalam+menciptakan+lapangan+kerja+dan+meningkatkan+kesejahteraan+masyarakat&ots=SnNYT6aM8Z&sig=hzvmcAyguSjUB8Ul0PO4ycXBzEo

Shoib, A. A., Dewi, A. P., Prista, D., Wahyu, F. D., & Sudarmiatin, S. (2024). Analisis Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada UMKM Pengrajin Keramik: (Studi Kasus pada UMKM Denis Souvenir Sulastri). Jurnal Bintang Manajemen, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.55606/jubima.v2i4.3419


Keywords  :  
Keywords: Analisis STP, Inovasi Teknologi, Marketing Mix, Studi Kelayakan Bisnis, UMKM
Galleys  :  
Published  :  
2025-07-02
How to Cite  :  
Qumairo, E. L., Nurhalizah, S., Maharani, A., Syavitri, R., & Damayanti, F. (2025). ANALISIS ASPEK PEMASARAN, ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI, DAN ASPEK PASAR PADA UMKM DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Bisnis Digital, 3(1), 236–249. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i1.3068
Issue  :